Jenis Asupan Serat dan Manfaatnya untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

TrubusLife
Hernawan Nugroho
16 Okt 2019   11:00 WIB

Komentar
Jenis Asupan Serat dan Manfaatnya untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Penuhi kebutuhan konsumsi serat harian untuk menjaga kesehatan (gettyimages)

Trubus.id -- Trubus Mania pasti sering mendengar bahwa serat merupakan asupan yang baik untuk pencernaan kita. Serat adalah bagian dari tumbuhan yang bisa dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat. Laman ScienceDirect menjelaskanserat memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus halus. Setelah itu, serat akan mengalami fermentasi di usus besar. Hal inilah yang kemudian membantu proses pencernaan pada tubuh kita setiap harinya.

Serat bisa kita dapatkan dari buah, sayur, kacang, maupun biji-bijian. Inilah sebabnya kita harus mencukupi konsumsi buah dan sayur agar kebutuhan serat dalam tubuh selalu terpenuhi. Serat yang kita konsumsi ternyata ada dua macam, yaitu serat larut air dan serat tidak larut air.

Baca Lainnya : Meski Penuh Nilai Gizi, Jus Seledri Disarankan Tidak Dikonsumsi Setiap Hari

Ini dia perbedaan dan fungsi kedua jenis serat itu:

1. Serat Larut Air

Sesuai dengan namanya, serat larut air adalah serat yang bisa larut saat berada atau terkena air. Karena mudah larut dalam air, maka makanan yang mengandung serat larut air ini akan mudah dicerna.

Saat menyerap air, serat yang ada dalam makanan akan berubah bentyk menjadi gel tebal di lambung yang akan dicerna perlahan oleh tubuh. Nah, gel berserat ini kemudian akan dipecah oleh bakteri di usus besar yang prosesnya hanya menghasilkan sedikit kalori.

Fungsi dari serat larut air adalah untuk menahan penyerapan beberapa jenis kandungan yang bisa menimbulkan efek negatif kalau kadarnya terlalu tinggi atau terlalu cepat bereaksi pada tubuh. Contohnya adalah membantu mencegah kadar glukosa darah naik terlalu tinggi setelah makan.

Selain itu, serat akan meyerap lemak dan kolesterol, dengan cara menempel pada kolesterol yang ada dalam makanan. Nantinya kolesterol dan lemak tidak akan diserap oleh tubuh, tapi justru dikeluarkan bersama dengan serat larut air yang dikonsumsi.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Perubahan Iklim Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak Seluruh Dunia

Health & Beauty   19 Nov 2019 - 07:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan: