Makanan Kucing Paling Bagus untuk Menyehatkan Bulu

TrubusLife
Hernawan Nugroho
16 Okt 2019   09:00 WIB

Komentar
Makanan Kucing Paling Bagus untuk Menyehatkan Bulu

Kucing berbulu panjang selalu menarik perhatian, tetapi perlu perawatan ekstra (gettyimages)

Trubus.id -- Setiap kali membahas tentang kesehatan kucing, banyak pemilik kucing bertanya bagaimana cara menjaga bulunya agar tidak mudah rontok. Sepertinya, pertanyaan ini sudah menjadi problem umum bagi banyak pemelihara kucing. Lalu, bagaimana mengatasinya? Adakah makanan kucing paling bagus untuk menjawab pertanyaan tersebut?

Ingat! Kesehatan Bulu Kucing Berawal dari Makanan

Selain jadwal grooming yang rutin, pilihan makanan juga sangat menentukan kesehatan bulu kucing. Susan G. Wynn dalam Jurnal Manual of Natural Veterinary Medicine menjelaskan, ketika bulu kucing kusam, maka hal pertama yang harus dilihat adalah pola makan.

Baca Lainnya : Hindari Toksoplasma, Cek 3 Hal Penting dalam Memelihara Kucing

Salah satu sel di dalam kulit kucing memiliki membran yang terdiri dari protein dan lemak. Tanpa jumlah nutrisi yang cukup, membran akan melemah sehingga memicu lahirnya bakteri dan virus masuk lebih mudah.

Salah satu cara paling mudah sebelum pemilik menentukan mana produk yang harus dibeli untuk anabul (anak bulu) di rumah adalah dengan mengenali nutrisi yang dibutuhkan untuk menyehatkan bulu kucing.

1. Asam Lemak Omega 6 & Omega 3

Saat membahas tentang perawatan bulu kucing, tidak akan jauh-jauh dari fungsi Omega 6 & Omega 3. Dua lemak esensial ini sangat berperan pada kesehatan bulu kucing kamu.

Omega 6 & 3 berperan untuk menjaga tingkat kerentanan kucing terhadap masalah peradangan. Jika kucing terhindar dari masalah kulit satu ini, secara otomatis bulunya akan terjaga. Omega 3 juga dibutuhkan untuk mempecantik bulu kucing, serta mempercepat pertumbuhan kuku setelah dipotong.

Baca Lainnya : Ciri-ciri Kucing Terkena Obesitas dan Cara Mengatasinya

2. Vitamin & Mineral

Setelah Omega 6 & 3, sekarang saatnya mengenali makanan kucing paling bagus dari sisi kandungan vitamin & mineralnya. Coba cek kembali makanan kucing yang sudah PetLovers berikan untuk kucing kesayangan, sudah ada kandungan Vitamin A & E belum? 

Vitamin A, dibutuhkan untuk memperbaiki kulit. Sedangkan vitamin E, melindungi sel-sel kulit dari kerusakan

Jika ingin memperluas pengetahuan, pemilik kucing dapat mencari informasi dalam laman ISFM. ISFM adalah singkatan dari International Society of Feline Medicine. Mereka adalah organisasi yang diisi para dokter hewan dan ahli kucing yang berdedikasi untuk kemajuan kesehatan dan pengobatan kucing. [NN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Ilmuan Ungkap Resep Rahasia Alam Dalam Pembentukan Daun Tanaman

Plant & Nature   22 Nov 2019 - 15:13 WIB
Bagikan: