Diet Detoks Hanya dengan Minum Jus Buah, Amankah?

TrubusLife
Hernawan Nugroho
16 Okt 2019   07:00 WIB

Komentar
Diet Detoks Hanya dengan Minum Jus Buah, Amankah?

Tubuh memerlukan asupan bermacam vitamin dari berbagai macam makanan, tidak cuma buah-buahan saja (theguardian)

Trubus.id -- Minum jus buah dianggap sebagai cara yang menjanjikan untuk menurunkan berat badan secara cepat. Terlebih jika ada acara penting di depan mata dan Trubus Mania ingin menurunkan berat badan secara instan. Selain itu, diet ini juga dianggap dapat menjadi detoks racun dalam tubuh. Amankah melakukan diet ini?

Laman theGuardian menjelaskan, diet detoks adalah diet dengan mengonsumsi cairan saja (biasanya jus atau minuman tertentu) tanpa atau hanya sedikit mengonsumsi makanan padat. Apakah berat badan akan turun? 

Tentu saja. Namun, diet ini tidak aman dan tidak baik untuk kesehatan, karena kita akan kehilangan berbagai nutrisi penting untuk tubuh.

Selain itu, efek lainnya adalah menjadi lebih lesu, tidak berenergi, susah fokus dan sulit beraktivitas. Karena tidak mungkin dalam jangka panjang hanya minum jus buah dan sayuran saja. Asupan kalori yang rendah akan membuat menjadi lemah, lesu dan tidak berenergi saat beraktivitas.

Metode diet detoks dilakukan dengan meminum jus yang mengandung kalori sangat kecil, sehingga metabolisme tubuh akan menjadi melambat dan dapat menurunkan berat badan secara cepat.

Baca Lainnya : Uji Coba Terkontrol Secara Acak Menunjukkan, Diet Sehat Dapat Kurangi Depresi

Namun, saat kita kembali pada pola makan semula dan mengonsumsi makanan padat, berat badan pun akan ikut melonjak karena rasa lapar dan kalap terhadap makanan. Bahkan, jika tidak terkontrol, berat badan bisa meningkat dari yang sebelumnya.

Buah dan sayuran memang baik untuk dikonsumsi karena kaya vitamin dan mineral. Tapi jika hanya minum jus buah dan sayuran sepanjang hari tanpa konsumsi makanan lainnya, akan kehilangan nutrisi penting yang juga dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein dan lemak.

Jika asupan protein pun dibatasi, akan kehilangan massa otot di dalam tubuh. Sehingga, ketika berat badan kembali di angka normal, maka sebagian besar bagian tubuh akan terdiri dari lemak.

(foto: health)

Selain itu, anggapan yang salah tentang diet ini adalah diet detoks dengan jus buah dapat membantu membuang racun dari dalam tubuh. Padahal, tubuh memiliki sistem sendiri untuk pengeluaran zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam hal ini, hati dan ginjal memegang peranan untuk mengeluarkan sisa pembuangan dan racun dari dalam tubuh. Jadi, tubuh kita tidak memerlukan bantuan dari luar untuk mengeluarkan sisa pembuangan tersebut.

Baca Lainnya : Perkecil Risiko Penyakit Kardiovaskular, Tak Ada Salahnya Coba Diet Vegetarian

Nyatanya, diet detoks dengan minum jus buah saja tidak baik untuk kesehatan. Pemenuhan 2000 kalori setiap harinya juga harus tercukupi, disesuaikan dengan aktivitas dan berat badan. Lakukan kombinasi diet sehat dengan gizi seimbang tersebut serta olahraga agar  dapat menjalani diet tanpa merasa lemas.

Jadi ingat ya, jangan sembarangan melakukan diet detoks. Pastikan memenuhi kebutuhan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Bila perlu,  bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. [NN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Perubahan Iklim Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak Seluruh Dunia

Health & Beauty   19 Nov 2019 - 07:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan: