Tak Hanya Lezat, 6 Makanan Ini Juga Baik untuk Kesehatan Saraf

TrubusLife
Hernawan Nugroho
16 Okt 2019   06:00 WIB

Komentar
Tak Hanya Lezat, 6 Makanan Ini Juga Baik untuk Kesehatan Saraf

Sel saraf memerlukan nutrisi dari berbagai makanan untyk beregenerasi (gettyimages)

Trubus.id -- Saraf manusia ikut menua seiring usia yang bertambah. Untuk terus menjaga kesehatannya, Trubus Mania disarankan untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan saraf. HealthNews telah merangkum jenis makanan yang diketahui membawa manfaat baik untuk kesehatan sistem saraf.

1. Sayuran berdaun hijau

Jenis sayuran ini kaya akan vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan magnesium yang penting untuk sistem saraf. Peran vitamin B sangat penting dalam proses sintesis dan sirkulasi neurotransmiter, yang merupakan bahan kimia otak yang mengatur detak jantung, pernapasan, dan pencernaan. Magnesium membantu menenangkan saraf, sedangkan vitamin E dan vitamin C bertindak sebagai antipenuaan sistem saraf.

Baca Lainnya : Virus Zika Sebabkan Gangguan Saraf Langka, Begini Cara Kerjanya

2. Ikan

Saraf dilindungi oleh selubung mielin, yang mengandung tingkat asam lemak yang sangat tinggi. Orang-orang yang kekurangan asam lemak dapat mengalami kerusakan saraf. Ikan memiliki asam lemak omega-3 tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga fungsi saraf. Salah satu ikan yang dianjurkan adalah salmon.

Salmon adalah sumber tinggi omega-3 yang dapat memperkuat kekuatan otak. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Pittsburgh, Amerika Serikat, orang dewasa di bawah usia 25 tahun yang meningkatkan asupan omega-3 selama 6 bulan tercatat mengalami peningkatan skor tes dengan mengukur memori kerja.

3. Dark chocolate

Dark chocolate mengandung flavonol yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Senyawa tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung. Pastikan dark chocolate yang dikonsumsi mengandung setidaknya 70 persen kakao.

(foto: shutterstock)

4. Telur

Telur kaya akan kolin dan vitamin B. Kolin akan digunakan otak untuk membuat asetilkolin, neurotransmiter yang penting untuk daya ingat dan komunikasi di antara sel-sel otak. Sedangkan vitamin B diketahui dapat membantu memperbaiki kerusakan fungsi sistem saraf.

5. Kacang

Ada beberapa nutrisi dalam kacang-kacangan, seperti lemak sehat, antioksidan, dan vitamin E—semuanya baik untuk kesehatan otak. Vitamin E melindungi membran sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga bisa membantu memperlambat penurunan mental.

Baca Lainnya : Ini Manfaat Mengonsumsi Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

6. Brokoli

Brokoli diketahui kaya akan vitamin K yang dapat meningkatkan kekuatan otak dan keterampilan kognitif.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa brokoli mampu memaksimalkan kerja otak dan menajamkan daya ingat. Manfaat ini diperoleh berkat adanya kandungan glukosionolat. Glukosionolat ini bekerja memperlambat kerusakan asetilkolin, yang dibutuhkan sistem saraf pusat untuk menjalankan fungsinya depan benar, serta membuat otak dan memori tetap tajam. [NN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Ilmuan Ungkap Resep Rahasia Alam Dalam Pembentukan Daun Tanaman

Plant & Nature   22 Nov 2019 - 15:13 WIB
Bagikan: