Ingat... Hand Sanitizers Memang Efektif, Namun Mencuci Tangan Tetap Lebih Baik

TrubusLife
Syahroni
15 Okt 2019   18:30 WIB

Komentar
Ingat... Hand Sanitizers Memang Efektif, Namun Mencuci Tangan Tetap Lebih Baik

Mencuci tangan dengan sbaun selama 20 detik sanggup menghilangkan kuman dan kotoran yang melekat. (Istimewa)

Trubus.id -- Patut diakui, hand sanitizers atau cairan pembersih tangan adalah alternatif yang nyaman untuk mencuci tangan, dan mereka benar-benar bekerja. Tapi ketika datang untuk menjauhkan kuman saat memasuki musim dingin dan flu, tidak ada yang lebih baik daripada menggosok tangan anda dengan sabun dan air.

Roland Newman II, seorang dokter obat keluarga di Penn State Health mengatakan, bisa menjaga pembersih tangan di dalam mobil, tas buku, atau meja kerja membuat Anda tetap sehat di bulan-bulan yang dingin lebih mudah daripada sebelumnya.

"Bagi kebanyakan orang, mereka sangat nyaman, dan saya pikir mereka memiliki tempat dalam kebersihan tangan," katanya. 

Mereka juga lebih mudah digunakan daripada sebelumnya. Beberapa datang beraroma harum, sementara yang lain menambahkan pelembab untuk menjaga kulit dari kekeringan.

Masalah muncul ketika pengguna mengabaikan mencuci tangan tradisional demi ramuan berbasis alkohol ini.

"Mencuci secara tepat dengan sabun dan air dapat benar-benar menghilangkan lebih banyak kuman di tangan Anda dan — tergantung pada apa yang Anda sentuh - beberapa bahan kimia," kata Newman.

Untuk saat-saat ketika kulit benar-benar kotor atau sarat dengan bahan kotor, hanya mencuci tangan yang benar-benar akan dilakukan. Tangan basah dengan air. Tambahkan sabun. Tutupi semua permukaan.

Kebanyakan orang tahu dasar-dasarnya. Kuncinya, kata Newman, adalah menggosok dengan kuat selama sekitar 20 detik atau lebih.

"Apa yang dilakukan sabun saat Anda menggosok adalah melepaskan semua kotoran dan partikel kuman dari permukaan kulit," katanya.

"Mereka diikat di busa sabun sehingga ketika kamu bilas, semua kuman dan kotoran-kotoran itu hanyut." terangnya lagi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: