Ciri-ciri Kucing Terkena Obesitas dan Cara Mengatasinya

TrubusLife
Hernawan Nugroho
15 Okt 2019   12:00 WIB

Komentar
Ciri-ciri Kucing Terkena Obesitas dan Cara Mengatasinya

Dengan mengenali ciri-ciri kucing obesitas, dapat mengambil kangkah yang harus dilakukan untuk mengembalikan ke bobot ideal (gettyimages)

Trubus.id -- Perlukah Trubus Mania mengetahui ciri-ciri kucing kesayangan terkena obesitas? Tenta saja! Tidak mau tahu mengenai kondisi kesehatan kucingmu sama sekali tidak akan membantunya tetap sehat. Jika kondisi kesehatannya tidak kamu perhatikan, hanya persoalan waktu hal yang tidak kamu harapkan akan jadi kenyataan. Laman PetWorld memberikan informasi lengkap mengenai ciri-ciri kucing yang terkena obesitas dan cara mengatasinya!

1.Kesulitan bernafas dan cepat lelah

Kucing obesitas akan mengalami kesulitan ketika bernafas yang ditandai dengan suara keras saat bernafas. Ia pun lebih cepat lelah dan menghabiskan banyak waktu untuk tidur.

2. Kulit berminyak dan berketombe

Sulit bagi kucing obesitas untuk bergerak dan melakukan grooming atau membersihkan bulunya sendiri. Kondisi ini membuat kulit dan bulunya menjadi kotor, berminyak dan berketombe.

Baca Lainnya : Obesitas Pada Kucing Dapat Memicu 7 Penyakit Berbahaya Ini

3. Malas bergerak

Apakah kucing yang dulu aktif kini sangat malas bergerak? Kondisi ini hal normal bagi kucing yang sudah tua. Namun, jika kucing mmasih muda tapi tidak suka bermain atau melompat layaknya kucing pada umumnya, itu bisa jadi salah satu ciri obesitas.

(foto: shutterstock)

 4. Mengalami gangguan saluran kencingan

Sulit juga bagi kucing obesitas untuk jongkok atau membersihkan anusnya sendiri. Hal ini dikarenakan beban berat pada tulang belakang dan sendinya. Akibatnya, kucingmu akan mengalami kesulitan BAB dan terkena infeksi saluran kencing.

5. Keberadaan tulang rusuk

Kucing dengan berat badan normal akan menunjukkan keberadaan tulung rusuknya ketika bagian dadanya diraba. Berbeda halnya dengan kucing obesitas yang tulang rusuknya tidak mudah diraba karena timbunan lemak.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Perubahan Iklim Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak Seluruh Dunia

Health & Beauty   19 Nov 2019 - 07:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan: