Mengintip Cara Angsa Menyesuaikan Kebiasaan Migrasinya untuk Hadapi Perubahan Iklim

TrubusLife
Syahroni
14 Okt 2019   21:00 WIB

Komentar
Mengintip Cara Angsa Menyesuaikan Kebiasaan Migrasinya untuk Hadapi Perubahan Iklim

Ilustrasi migrasi angsa. (Doc/ Shutterstock)

Trubus.id -- Iklim berubah pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan begitu pula lingkungan yang terdiri dari banyak spesies tumbuhan dan hewan. Sebagian populasinya punah di beberapa tempat yang sangat terdampak, sementara sebagian lagi berhasil berkembang di tempat-tempat lain yang menjadi lebih 'ramah'.

Tetapi bagi banyak spesies, pertumbuhan populasi di tempat-tempat baru tidak mengikuti penurunan di tempat lain. Untuk beberapa spesies, seperti beruang kutub, tempat 'ramah' seperti itu bahkan tidak ada. Dan bahkan jika mereka melakukannya, spesies ini masih menghadapi masalah besar: mereka harus menemukannya terlebih dahulu.

Masalah ini mungkin lebih serius bagi hewan yang bermigrasi, yang harus menyesuaikan bukan hanya satu, tetapi beberapa lingkungan yang berubah yang mereka kunjungi sepanjang tahun. Bahkan setelah menemukan habitat baru satu tahun, mereka harus menemukannya lagi di tahun berikutnya, dan setiap tahun setelah itu. Bagaimana mungkin makhluk-makhluk ini tahu ke mana harus pergi?

Pertanyaan ini tidak sepele: banyak populasi hewan bermigrasi yang menurun. Apa yang tampaknya membunuh mereka adalah ketidakmampuan mereka untuk menyesuaikan diri dengan beberapa habitat yang berubah sekaligus. Masalahnya mungkin sulit bagi mereka untuk mempelajari kebiasaan migrasi baru.

Angsa memimpin jalan

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Perubahan Iklim Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak Seluruh Dunia

Health & Beauty   19 Nov 2019 - 07:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan: