Badan Federal Amerika Usulkan Habitat Laut Tertentu untuk Lindungi Paus Bungkuk Pasifik

TrubusLife
Thomas Aquinus
14 Okt 2019   15:00 WIB

Komentar
Badan Federal Amerika Usulkan Habitat Laut Tertentu untuk Lindungi Paus Bungkuk Pasifik

Ilustrasi paus bungkuk (Public Radio International)

Trubus.id -- Awal pekan ini, tiga lembaga pemerintah federal - National Marine Fisheries Service (NMFS), National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dan Departemen Perdagangan - bersama-sama mengusulkan penciptaan habitat laut yang kritis untuk paus bungkuk Pasifik. Mengukur lebih dari 300.000 mil laut persegi, area yang diusulkan hanya mencakup perairan di dalam wilayah hukum Amerika Serikat.

Wilayah yang diusulkan untuk habitat laut yang dilindungi mengitari pesisir California, Oregon, Washington dan Alaska. Tetapi bahkan di dalam wilayah yang diusulkan itu, bagian-bagian tertentu dikecualikan - sektor-sektor yang dinyatakan oleh negara proposal akan membawa dampak ekonomi yang parah dan sektor-sektor yang berkaitan dengan keamanan nasional (tanah air dan militer). Sebuah “koridor” keselamatan bagi organisme laut, khususnya paus, juga tidak dimasukkan dalam proposal, karena pola pergerakan makhluk hidup yang tidak dapat diprediksi.

Baca Lainnya : Kenapa Nyamuk Cenderung Bertelur di Habitat yang Berjarak Dekat? Ini Jawabannya

Meskipun demikian, berita tentang habitat laut yang diusulkan membawa sorak-sorai dari para konservasionis, karena ketika aturan itu disahkan, akan ada perlindungan tambahan untuk spesies yang berisiko, seperti paus bungkuk Pasifik.

Kembali pada tahun 1970, paus bungkuk terdaftar sebagai terancam punah di bawah Undang-Undang Konservasi Spesies Terancam Punah dan lagi di bawah Undang-Undang Spesies Terancam Punah (ESA) pada tahun 1973. Berkat moratorium Komisi Penangkapan Ikan Paus Internasional terhadap perburuan ikan paus komersial, spesies Megaptera dapat kembali dari keterpurukan.

Meski begitu, mereka masih rentan hingga saat ini. Habitat laut yang ditunjuk dapat melindungi raksasa lembut ini dari ancaman keterikatan alat tangkap, tabrakan kapal, gangguan dari kegiatan pengembangan energi lepas pantai, kompetisi makanan dengan perikanan dan perburuan ilegal. Setelah hewan dilindungi di habitat laut, pencinta lingkungan kemudian dapat mengalihkan fokus mereka untuk mengurangi risiko polusi. [Ayu/NN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: