Jenis Makanan yang Berbahaya Jika Dipanaskan, Apa Saja Itu?

TrubusLife
Hernawan Nugroho
13 Okt 2019   17:00 WIB

Komentar
Jenis Makanan yang Berbahaya Jika Dipanaskan, Apa Saja Itu?

Tak semua bahan makanan cocok untuk dipanaskan kembali (gettyimages)

Trubus.id -- Jika ada sayur yang tidak habis dalam sekali makan, biasanya kita akan menyimpannya dalam kulkas kemudian dipanaskan lagi saat akan dimakan. Namun tidak semua makanan atau sayur bisa melalui proses pemanasan kembali setelah dimasak.

Proses pemanasan yang dilakukan pada makanan justru nantinya bisa membuatnya berbahaya jika dimakan. Health menginformasikan mengenai tiga jenis makanan yang seharusnya tidak dipanaskan.

Baca Lainnya : Makanan Ini Bisa Membuat Tidur Jadi Tidak Nyenyak

1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang tidak boleh dipanaskan lagi setelah dimasak. Sayur bayam sebaiknya hanya melalui satu kali proses pemanasan, karena adanya kandungan alami bernama nitra pada bayam.

Nitrat yang dipanaskan nantinya akan berubah menjadi asam nitrat yang beracun bagi tubuh. Selain itu, asam nitrat ini juga bisa berubah menjadi nitrosamin, yaitu zat karsinogenik yang bisa menyebabkan kanker.

Hal ini juga akan membuat darah kesulitan membawa oksigen ke seluruh tubuh yang menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Selain menyebabkan perubahan nitra, pemanasan berulang juga dikhawatirkan akan menghilangkan berbagai nutrisi penting dalam tubuh. Dalam bayam, terdapat antioksidan, vitamin A, K, C, mineral, dan serta yang mudah rusak saat terkena suhu tinggi.

(foto: gettyimages)

2. Jamur

Ada berbagai jenis jamur, seperti jamur merang, jamur tiram, jamur kancing, jamur shitake, maupun jenis jamur lainnya. Sama seperti bayam, jamur juga merupakan jenis makanan yang berbahaya jika dipanaskan kembali..

Kandungan zat yang menyebabkan jamur menjadi berbahaya saat dipanaskan kedua kalinya adalah protein. Kandungan protein dalam jamur memang bermanfaat bagi tubuh setelah dimasak. Namun protein dalam jamur akan berubah kalau jamur dipanaskan kembali.. Perubahan senyawa protein dalam jamur bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti asam lambung, diare, maupun perut kembung.

(foto: health)

3. Kentang

Trubus Mania suka makan kentang goreng, baik yang dibeli di restoran maupun yang menggoreng sendiri di rumah? Kentang ternyata juga merupakan makanan yang tidak boleh dipanaskan lagi.

Baca Lainnya : 7 Makanan yang Mengenyangkan, tetapi Tidak Menambah Bobot Tubuh

Pemanasan berulang pada kentang akan menyebabkan nutrisi di dalamnya hilang. Selain itu, pemanasan yang dilakukan berulang juga akan menyebabkan tumbuhnya bakteri bernama Clostridium botulinum. Bakteri ini bisa menyebabkan keracunan yang disebut botulisme. Racun ini cukup berbahaya, karena bisa menyerang sistem saraf yang ada di otak dan tulang belakang.

(foto: picsart)

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Kucing Pertama yang Terinfeksi Virus Corona Ditemukan di Belgia

Pet & Animal   28 Mar 2020 - 22:49 WIB
Bagikan:          
Bagikan: