Cara Melatih Anjing Senior Agar Kembali Aktif

TrubusLife
Hernawan Nugroho
13 Okt 2019   16:00 WIB

Komentar
Cara Melatih Anjing Senior Agar Kembali Aktif

Anjing berusia senior dapat tetap aktif dengan beberapa trik khusus (gettyimages)

Trubus.id -- Anjing senior berusia di atas 7 tahun, biasanya mulai berkurang aktivitas harian mereka. Dilansir dari laman WestVet, hal itu dibarengi dengan tanda-tanda penuaan lainnya seperti sering batuk, pendengaran yang berkurang, mulai tanggal giginya, pola dan nafsu makan berubah serta perubahan pada bulu mereka. Oleh karena itu, pemilik perlu tahu bagaimana cara melatih anjing senior agar tetap bisa aktif dan menyenangkan di masa seniornya.

Berkurangnya aktivitas harian anjing senior walaupun merupakan hal yang wajar, namun jika dibiarkan dapat berakibat buruk bagi mereka, seperti obesitas, otot kaku atau otot terlalu mudah lelah, depresi hingga mengurangi umur harapan hidup mereka. Simak ulasan cara melatih anjing senior di bawah ini, agar mereka kembali aktif.

Baca Lainnya : Hal-Hal Sederhana Ini Membuat Usia Anjing Lebih Panjang

1. Jadwal ulang latihan

Menjadwal ulang latihan fisik anjing ketika memasuki usia senior adalah sebuah keharusan. Dari yang biasanya berolahraga dan bermain bersama seharian penuh di akhir minggu, ubahlah menjadi bermain dan olahraga santai setiap pagi atau sore hari sepanjang minggu. Dengan jadwal latihan yang lebih rutin tapi lebih ringan ini akan mencegah anjing senior PetLovers menjadi kurang aktif bahkan dapat membuat anjing senior kembali aktif.

Kegiatan cara melatih anjing senior yang ringan dan rutin akan mencegah cedera dan kekakuan otot. Jika beraktivitas berat seperti sebelum masuk tahapan senior, anjing senior dapat mengalami cedera.

2. Aktivitas dan mainan baru

Bagi anjing senior melakukan aktivitas, trik dan permainan baru bukan hanya sekadar menyenangkan dan menarik, tapi juga merangsang mental mereka menjadi lebih tajam, bergerak secara fisik dan membuat mereka lebih banyak berinteraksi. Cobalah mulai melakukan aktivitas baru seperti berenang. Jika anjing senior belum mahir berenang, baiknya berkonsultasi dengan dokter hewan agar tahu cara yang aman bagi anjing senior untuk berenang.

(foto: Westvet)

Berenang adalah aktivitas cara melatih anjing senior yang menyenangkan, karena selain menyegarkan dan menggerakan keseluruhan bagian tubuh, berenang juga merupakan salah satu terapi bagi anjing pasca operasi. Karena berenang membutuhkan anjing untuk menggerakan seluruh tulang dan persendian mereka. Permainan seperti meletakkan camilan di atas hidup anjing senior juga bisa merangsang kelincahan dan koordinasi indera dan otot mereka.

3. Exploring tempat-tempat baru

Kegiatan menjelajah bersama anjing tentu adalah hal yang mengasyikkan. Tapi kali ini, pastikan anjing senior yang memimpin penjelajahan ya. Mengapa? Karena dengan melakukan penjelajahan berdasarkan naluri dan rasa ingin tahu mereka, anjing senior dapat menajamkan kembali indera penciuman, penglihatan dan naluri mereka. Kegiatan exploring juga bisa terhitung sebagai cross-training kecil-kecilan, karena umumnya menjelajah akan melintasi berbagai area dan rintangan.

Baca Lainnya : Apakah Benar Anjing Dapat Merasakan Orang

4. Bertemu anjing lain

Jangan remehkan tips satu ini. Ketika anjing senior bertemu dengan anjing lain apalagi yang belum pernah mereka temu sebelumnya, ini adalah kesempatan bagus untuk meluweskan kembali kemampuan interaksi sosial anjing senior. Selama anjing senior tidak menunjukkan tanda-tanda agresi ataupun kecemasan.

5. Asupan nutrisi yang baik

Asupan nutrisi anjing yang terpenuhi dengan baik, akan memberikan anjing senior kesehatan dan tenaga beraktivitas harian. Asupan nutrisi anjing yang kaya protein, cukup serat dan kalori serta mineral dan vitamin lainnya sangat dibutuhkan oleh mereka. 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Kucing Pertama yang Terinfeksi Virus Corona Ditemukan di Belgia

Pet & Animal   28 Mar 2020 - 22:49 WIB
Bagikan:          
Bagikan: