Waktu Olahraga Hanya Tersisa di Akhir Pekan, Ini Beberapa Cara Memanfaatkan Secara Optimal

TrubusLife
Hernawan Nugroho
13 Okt 2019   10:00 WIB

Komentar
Waktu Olahraga Hanya Tersisa di Akhir Pekan, Ini Beberapa Cara Memanfaatkan Secara Optimal

Tetap harus berolahraga meskipun waktu hanya tersisa di akhir pekan (shutterstock)

Trubus.id -- Senin hingga Jumat adalah hari yang sibuk, sehingga waktu yang tersedia untuk olahraga juga sangat sempit. Alhasil, banyak orang yang merapel waktu olahraga di akhir pekan, dengan alasan “biar sekalian”. Apakah kebiasaan ini tetap bermanfaat bagi kesehatan atau justru sia-sia?

Menjawab pertanyaan di atas, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine melaporkan bahwa olahraga yang hanya dilakukan saat akhir pekan tetap dapat menurunkan segala risiko penyakit.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan kita untuk berolahraga selama 30 menit, sebanyak lima kali dalam satu minggu. Artinya, kita mesti berolahraga dengan durasi 150 menit dalam seminggu.

Baca Lainnya : Brisk Walking, Alternatif Olah raga untuk Kardiovaskular

Masalah akan timbul apabila ternyata hanya punya satu atau dua hari untuk ‘merapel’ semua durasi tersebut, tubuh mungkin akan mengalami kelelahan yang ekstrem.

Bagi yang ingin merapel waktu olahraga di akhir pekan, diperlukan persiapan yang lebih matang. Persiapan yang sebaiknya dilakukan agar olahraga tidak menimbulkan kelelahan berlebih, yaitu:

1. Bagi waktu

Akhir pekan ada dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu. Usahakan untuk membagi total durasi olahraga di dua hari tersebut, misalnya 75 menit di hari Sabtu dan 75 menit di hari Minggu.

Jika akhir pekan hanya satu hari saja, jangan lupa untuk berikan jeda istirahat! Jangan melakukan olahraga 150 menit tanpa jeda untuk minum dan mengistirahatkan tubuh! 

2. Cukupi waktu tidur

Karena akhir pekan akan digunakan untuk melakukan aktivitas fisik, itu berarti Jumat malam tak boleh Anda gunakan untuk begadang. 

Jika kurang tidur sebelum berolahraga, risiko mengalami cedera bisa meningkat. Kekebalan tubuh pun menurun dan proses perbaikan jaringan tubuh menjadi terganggu

Baca Lainnya : Jangan Tunda Lagi, Ini Sebabnya Olahraga Baik untuk Otak

3. Awali dengan makan

Jangan lupa untuk menyantap makanan bergizi seimbang beberapa jam sebelum olahraga. Cukupi juga kebutuhan cairan, misalnya dengan minum air putih atau minuman olahraga.

Jika sebelum olahraga sudah lapar lagi, jangan konsumsi makanan berat. Kita bisa makan pisang untuk mengatasinya.

Merapel waktu olahraga di akhir pekan tidak dilarang. Hal tersebut tetap baik bagi kesehatan, asalkan melakukan persiapan sebelumnya. Jangan lupa pemanasan mulai berolahraga.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jangan Salah Kaprah, Inilah Saat yang Tepat Kamu Membutuhkan Masker

Health & Beauty   28 Mar 2020 - 02:48 WIB
Bagikan:          

Jangan Dibuang, Kulit Jeruk Ternyata Bisa Menangkal Virus Corona

Health & Beauty   28 Mar 2020 - 02:43 WIB
Bagikan: