Solusi Masalah Hamster yang Suka Mengigit

TrubusLife
Hernawan Nugroho
11 Okt 2019   16:00 WIB

Komentar
Solusi Masalah Hamster yang Suka Mengigit

Hamster bisa menjadi jinak setelah melalui pendekatan secara bertahap dan penuh kesabaran (shutterstock)

Trubus.id -- Kunci menangani hamster yang menggigit adalah kesabaran. Pemilik perlu mendapatkan kepercayaan dari hamster kesayangan, dan ini adalah proses yang lambat dan bertahap. Jangan berkecil hati jika membutuhkan waktu sebulan atau bahkan lebih lama untuk mendapatkan kepercayaan hamster. Dan jika hamster sudah mulai tenang dan merespons lebih cepat dari yang diharapkan, berarti waktu untuk mendapatkannya pun juga makin cepat.  Berikut ini langkah mengatasi hamster yang mengigit menurut laman WestVet

Minggu 1: Biarkan Hamster terbiasa dengan kita
Di malam hari saat paling aktif, luangkan waktu untuk duduk di dekat kandang dan berbicara dengan hamster. Idenya adalah membiarkan hamster Anda menyesuaikan diri dengan kehadiran kita, terutama aroma dan suaranya. Ingat, pindah ke kandang baru di lingkungan baru sangat menegangkan, jadi periode ini juga memberi kesempatan bagi hamster untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di rumah barunya. Pada titik ini, jangan mencoba menyentuh hamster.

Selama hari-hari awal ini dengan hamster, kita mungkin perlu mengambilnya untuk membersihkan kandang atau mengembalikannya ke kandang setelah melarikan diri. Untuk mengambil hamster Anda sebelum ia sepenuhnya menerima Anda, kumpulkan di sudut dengan handuk atau mulut terbuka dari gelas minum, lalu ambil dengan lembut di handuk atau gelas.

Baca Lainnya : Hamster, Hewan Lucu Ini Tak Pernah Merasa Kedinginan, Kenapa?

Minggu 2: Biarkan Hamster terbiasa dengan Tangan kita
Sambil terus duduk di samping kandang dan berbicara dengan hamster, letakkan tangan di dalam kandang. Bergeraklah dengan sangat lambat. Hari pertama, letakkan tangan tepat di dalam pintu atau di atas sangkar. Setiap hari setelah itu, coba letakkan tangan  sedikit lebih jauh. Jangan mencoba menyentuh hamster, tetapi jika ia menjadi penasaran, biarkan ia mengendus atau menjelajahi tangan kita.

Minggu 3: Tawarkan Treat kepada Hamster
Sekarang, pemilik mungkin telah menemukan beberapa camilan favorit hamster. Jika tidak, coba biji bunga matahari, kismis, dan apel. Meskipun kita hanya harus memberi makan hewan peliharaan kudapan ini dalam jumlah sedang, mereka bisa menjadi alat pelatihan yang bagus

Minggu 4: Belai Hamster 
Setelah hamster menerima kudapan dengan nyaman, pemilik dapat mulai mencoba mengelusnya dengan lembut. Jika hamster mentolerir tindakan ini, maka bisa melanjutkan ke langkah berikutnya untuk mengambil hamster. Jika tidak, terus dengan sabar menawarkan camilan dan petting.

Minggu 5: Angkat Hamster 
Jika hamster menerima suguhan dan memungkinkan kita untuk menyentuhnya, inilah saatnya mencoba mengambil peliharaan kita. Sekali lagi, lakukan perlahan dan biarkan hamster membimbing seberapa jauh perkembangan dalam setiap sesi. Pendekatan yang baik adalah dengan membujuk hamster ke tangan dengan camilan. Kemudian, kita dapat mencoba memegangnya dengan kedua tangan.

Baca Lainnya : 5 Hamster Populer, Siapa yang Enggak Terpikat Tingkah Lucunya?

Letakkan satu tangan di kedua sisi hamster dan kemudian satukan kedua tangan di bawah perutnya. Dengan lembut cangkul hamster di tangan, jangan mencengkeram punggungnya dengan erat. Hamster kadang-kadang merasa tekanan pada punggung mereka sebagai sebuah ancaman.

Jangan pegang hamster jauh-jauh dari tanah seandainya ia mencoba melompat dari tangan. Pada awalnya, cobalah memegangnya dari lantai kandangnya, perlahan-lahan mengangkat sedikit lebih tinggi. Memegang hamster menghadap tubuh mungkin membuatnya cenderung untuk mencoba melompat menjauh.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Ilmuan Ungkap Resep Rahasia Alam Dalam Pembentukan Daun Tanaman

Plant & Nature   22 Nov 2019 - 15:13 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Jangan Tunda Lagi, Ikuti 3 Tips Ini untuk Bibir Cerah Sehat Alami 

Health & Beauty   22 Nov 2019 - 14:22 WIB
Bagikan: