Studi: Mikroba Usus Manusia Mampu Membuat Makanan Olahan jadi Lebih Sehat

10 Okt 2019   22:30 WIB

Studi: Mikroba Usus Manusia Mampu Membuat Makanan Olahan jadi Lebih Sehat

Ilustrasi makanan olahan. (Istimewa)

Trubus.id -- Sebuah studi baru dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis menjelaskan bagaimana mikroba usus manusia memecah makanan olahan — terutama perubahan kimia yang berpotensi berbahaya yang sering dihasilkan selama proses pembuatan makanan modern. Makan makanan olahan seperti roti, sereal dan soda dikaitkan dengan efek kesehatan negatif, termasuk resistensi insulin dan obesitas.

Dilaporkan 9 Oktober dalam jurnal Cell Host & Microbe, para ilmuwan telah mengidentifikasi strain bakteri usus manusia tertentu yang memecah fruktosa kimia, dan mengubahnya menjadi produk sampingan yang tidak berbahaya. Fructoselysine berada dalam kelas bahan kimia yang disebut Maillard Reaction Products, yang terbentuk selama pemrosesan makanan.

Beberapa bahan kimia ini telah dikaitkan dengan efek kesehatan yang berbahaya. Temuan ini meningkatkan prospek bahwa dimungkinkan untuk menggunakan pengetahuan mikrobioma usus tersebut untuk membantu mengembangkan makanan olahan yang lebih sehat dan lebih bergizi.

Baca Lainnya : Peneliti AS Ungkap Tiga Makanan yang Baik untuk Kesehatan Usus

Penelitian ini dilakukan pada tikus yang dibesarkan dalam kondisi steril, mengingat koleksi diketahui mikroba usus manusia dan diberi makan diet yang mengandung bahan makanan olahan.

"Studi ini memberi kita pandangan yang lebih dalam tentang bagaimana komponen dari diet modern kita dimetabolisme oleh mikroba usus, termasuk pemecahan komponen yang mungkin tidak sehat bagi kita," kata Jeffrey I. Gordon, MD, Dr. Robert J. Glaser Distinguished Profesor dan direktur Universitas Edison Family Center for Genome Sciences & Systems Biology.

"Kami sekarang memiliki cara untuk mengidentifikasi mikroba usus manusia ini dan bagaimana mereka memetabolisme bahan kimia berbahaya menjadi produk sampingan yang tidak berbahaya." tandasnya.

Komunitas mikroba usus manusia melihat makanan sebagai koleksi bahan kimia. Beberapa senyawa kimia ini memiliki efek menguntungkan pada komunitas mikroba yang hidup di usus serta pada kesehatan manusia. Sebagai contoh, pekerjaan Gordon di masa lalu telah menunjukkan bahwa mikrobioma usus memainkan peran penting dalam perkembangan awal bayi, dengan mikroba usus sehat berkontribusi pada pertumbuhan yang sehat, fungsi kekebalan tubuh, dan perkembangan tulang dan otak.

Baca Lainnya : Konsumsi Yoghurt Secara Rutin Kurangi Risiko Kanker Usus besar

Tetapi pemrosesan makanan modern dapat menghasilkan bahan kimia yang dapat merusak kesehatan. Bahan kimia semacam itu telah dikaitkan dengan peradangan yang terkait dengan diabetes dan penyakit jantung. Para peneliti tertarik untuk memahami interaksi kompleks antara mikroba usus manusia dan bahan kimia yang biasa dikonsumsi sebagai bagian dari makanan khas Amerika.

Dalam studi baru, para peneliti menunjukkan bahwa bakteri spesifik yang disebut Collinsella intestinalis memecah bahan kimia fructoselysine menjadi komponen yang tidak berbahaya.

"Fructoselysine adalah umum dalam makanan olahan, termasuk susu ultra-pasteurisasi, pasta, cokelat dan sereal," kata penulis pertama Ashley R. Wolf, Ph.D., seorang peneliti postdoctoral di laboratorium Gordon.

"Fruktoselysine dan zat kimia serupa dalam darah yang tinggi telah dikaitkan dengan penyakit penuaan, seperti diabetes dan aterosklerosis." terangnya lagi.

Baca Lainnya : Tanpa Obat Kimia, 4 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Membersihkan Usus Besar

Ketika diberi makan diet yang mengandung fructoselysine dalam jumlah tinggi, tikus yang mengandung Collinsella intestinalis di komunitas mikroba usus mereka menunjukkan peningkatan kelimpahan bakteri ini serta peningkatan kemampuan komunitas mikroba usus untuk memecah fructoselysine menjadi produk sampingan yang tidak berbahaya.

"Strain bakteri spesifik ini tumbuh subur dalam keadaan ini. Dan seiring meningkatnya kelimpahan, fructoselysine dimetabolisme dengan lebih efisien." kata Gordon.

"Alat dan pengetahuan baru yang diperoleh dari studi awal ini dapat digunakan untuk mengembangkan makanan yang lebih sehat, lebih bergizi serta merancang strategi potensial untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan beberapa jenis bakteri usus yang ditunjukkan untuk memproses bahan kimia berbahaya menjadi yang tidak berbahaya. akibatnya adalah mereka dapat membantu kita membedakan antara konsumen yang komunitas mikroba ususnya rentan atau resisten terhadap efek produk tertentu yang diperkenalkan selama pemrosesan makanan." dia menambahkan.

Menekankan kompleksitas tugas ini, Gordon, Wolf dan rekan-rekan mereka juga menunjukkan bahwa sepupu dekat Collinsella intestinalis tidak menanggapi fruktoselysin dengan cara yang sama. Sepupu-sepupu bakteri ini, yang genomnya agak bervariasi, tidak tumbuh subur di lingkungan yang kaya fruktosa. Para peneliti mengatakan studi masa depan diperlukan sebelum para ilmuwan akan dapat mengidentifikasi dan memanfaatkan kapasitas spesifik mikroba individu untuk membersihkan berbagai bahan kimia berbahaya yang dihasilkan selama beberapa jenis manufaktur makanan modern. [RN]