Beruang Coklat Cantabria Berhasil Bangkit dari Punah, Begini Caranya

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
10 Okt 2019   13:00

Komentar
Beruang Coklat Cantabria Berhasil Bangkit dari Punah, Begini Caranya

Ada antara 330 dan 350 beruang coklat di Pegunungan Cantabria, termasuk lebih dari 40 betina. (Doc/ Spain's Fundacion Oso Pardo)

Trubus.id -- Beruang coklat Cantabria yang masuk dalam daftar spesies terancam punah Spanyol, kini telah mengalami peningkatan jumlah. Padahal sebelumnya, sawta ini di wilayah pegunungan barat laut negara itu sempat hampir punah.

Fernando Garitagoita telah menyewa sebuah rumah di La Peral, sebuah dusun di cagar alam Somiedo di wilayah Asturias, untuk menjadi yang pertama dalam antrean di pagi hari untuk merekam mereka dengan lensa telefoto.

Berlibur bersama keluarganya, rumah itu hanya beberapa meter dari sebuah bukit di mana puluhan pengamat beruang yang bersemangat mendirikan kemah setiap hari, dilengkapi dengan teleskop yang kuat dan peralatan fotografi yang mahal.

Baca Lainnya : Beruang Grizzly Yellowstone kembali Masuk Daftar Satwa Terancam, Perburuan DIbatasi

Diam-diam mereka menunggu beruang muncul dari hutan dan memanjat lereng berbatu scree untuk memakan buah buckthorn yang tumbuh di semak yang berbuah pada akhir Agustus, kata Garitagoita.

Kehebohan menggugah kelompok ketika seekor beruang terlihat mengais-ngais semak untuk mendapatkan buah beri hitam yang mengkilap.

"Ini emosional, Anda merasakan kegembiraan, kebahagiaan. Anda mendapatkan dorongan adrenalin. Bagiku, ini momen yang unik," terang profesor berusia 53 tahun itu.

Pada 1980-an, sangat jarang terlihat beruang di Pegunungan Cantabrian, kisaran yang membentang lebih dari 400 kilometer (sekitar 250 mil) di sepanjang pantai utara Spanyol, dari Pyrenees di timur hingga ujung paling utara Portugal di barat. Tidak hanya habitat mereka yang terancam oleh pembangunan jalan dan infrastruktur lainnya, tetapi beruang-beruang itu masih dipandang sebagai hama berbahaya, dengan jumlah mereka berkurang karena perburuan ilegal dan orang-orang meninggalkan umpan beracun.

Baca Lainnya : Seperti Gorila dan Manusia, Beruang Madu Bisa Meniru Ekspresi Wajah Temannya

Jumlahnya hanya 60 atau 70, mereka menjadi sangat terancam punah, kata Guillermo Palomero, presiden Fundacion Oso Pardo (Yayasan Beruang Coklat), sebuah LSM yang didirikan pada tahun 1992 untuk mempromosikan kehidupan manusia dan beruang yang damai. Tetapi setelah kampanye khusus oleh para pelestari lingkungan, populasinya telah tumbuh dengan mantap dan area ini sekarang menghitung antara 330 dan 350 beruang coklat, di antaranya lebih dari 40 betina yang menghasilkan anak-anak setiap tahun.

Tidak seperti di Pyrenees, di mana makhluk harus diperkenalkan kembali setelah diburu hingga punah, beruang coklat Cantabria secara bertahap mengisi kembali wilayah asli mereka sendiri. Binatang pecinta buah besar, mereka bahkan dapat terlihat bertualang ke kebun di sekitar kota-kota utara seperti Oviedo dan Leon.

Dan seorang lelaki petualang muda terlihat di Portugal utara pada bulan Mei di mana beruang belum terlihat sejak abad ke-19.

Pemulihan yang spektakuler adalah hasil dari upaya untuk melindungi lingkungan serta untuk mendidik masyarakat tentang pentingnya populasi beruang, kata Palomero.

Baca Lainnya : Studi Baru Ungkap Pentingnya Sumber Air Bagi Spesies Beruang Andes di Peru 

Seluruh jajaran gunung saat ini adalah zona konservasi yang dilindungi, dan sebuah proyek untuk menghubungkan dua populasi utama di wilayah tersebut telah melihat penciptaan "koridor beruang" yang memungkinkan mereka yang hidup di barat untuk terhubung kembali dengan aman dengan mereka yang ada di timur.

Selama beberapa dekade, beruang yang tinggal di kedua wilayah itu dipisahkan oleh jalan baru.

"Melibatkan masyarakat adalah kunci untuk bergeser dalam waktu yang sangat singkat antara citra negatif beruang menjadi yang netral atau bahkan sebagian besar positif," kata Palomero.

Tidak hanya itu melibatkan pengusiran mitos yang menyerang manusia, tetapi mereka juga membangun lebih dari 1.500 pagar listrik untuk menutup sarang dan kebun, menjalankan kampanye informasi di sekolah-sekolah dan media, dan melakukan tindakan keras terhadap perburuan liar.

Dan segala kerusakan atau kerusakan yang disebabkan oleh beruang, baik itu untuk ternak, sarang lebah atau pohon buah-buahan, mendapat kompensasi penuh, berkat pendanaan dari Uni Eropa sebagai bagian dari upayanya untuk melindungi spesies yang terancam. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Makanan Kucing Paling Bagus untuk Menyehatkan Bulu

Hernawan Nugroho   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: