Anak Kuda Zebra Bermotif Polkadot Tertangkap Kamera di Kenya

TrubusLife
Syahroni
10 Okt 2019   11:00 WIB

Komentar
Anak Kuda Zebra Bermotif Polkadot Tertangkap Kamera di Kenya

Zebra dengan motif langka tertangkap kamera di Kenya. (Earth Touch)

Trubus.id -- Fotografer Frank Liu saat itu sedang berada di Cagar Alam Masai Mara Kenya untuk mencari badak ketika dia menemukan pemandangan yang langka. Liu memperhatikan anak kuda zebra dengan bulu gelap bercampur dengan bintik-bintik putih. Karena garis-garis zebra biasanya unik, ini adalah pertama kalinya cagar alam ini pernah melihat pewarnaan semacam ini.

Zebra tersebut diberi nama Tira oleh Antony Tira, pemandu Masai yang pertama kali melihat anak zebra dan yang sekaligus sebagai pemandu Liu. Anak zebra memiliki kondisi langka yang disebut pseudomelanisme, yang menyebabkan kelainan garis ini. Sebelumnya, zebra lain di Botswana dan Tanzania juga telah difoto dengan kelainan pola yang serupa.

Sebuah artikel National Geographic mengeksplorasi penyebab kondisi Tira dan teori-teori lain tentang zebra dengan garis-garis yang berbeda. Sel yang disebut melanosit menghasilkan pigmen yang memberi warna berbeda pada zebra dan hewan lain, tetapi dalam kasus Tira, melanin dalam sel itu tidak bermanifestasi dengan benar.

Artikel itu juga mencatat bahwa hewan-hewan ini biasanya tidak bertahan hidup karena mereka lebih mudah bagi target pemangsa. Sementara, zebra lain dengan bulu abnormal telah dierima oleh  kawanan mereka dan bisa selamat sampai dewasa.

Apapun itu, ini adalah kesempatan khusus bagi Liu, yang telah memotret hewan di lebih dari 30 negara di seluruh dunia. Karya pria berusia 28 tahun ini, termasuk perjalanan melintasi enam benua, telah ditampilkan dalam publikasi besar.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: