Ransel atau Tas Selempang, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

TrubusLife
Hernawan Nugroho
10 Okt 2019   10:00 WIB

Komentar
Ransel atau Tas Selempang, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ransel lebih tepat dipergunakan jika bawaan kita cukup banyak (gettyimages)

Trubus.id -- Ransel dan selempang adalah dua jenis tas yang paling digemari orang-orang. Selain mudah dibawa ke mana pun, Anda dapat memuat berbagai benda di dalamnya. Akan tetapi, sebenarnya mana yang lebih baik untuk kesehatan, ransel atau tas selempang?

Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak kebutuhan dan barang yang harus orang-orang bawa ketika mereka bepergian, terutama ketika jaraknya cukup jauh. Mulai dari laptop, buku, kunci rumah, dompet, dan berbagai hal lainnya.

Baca Lainnya : Hati-hati, Suplemen Vitamin D dan Kalsium Belum Tentu Memperkuat Tulang

Banyaknya barang ini membuat kita memasukkan segalanya ke dalam tas sehingga membuatnya semakin berat. Tanpa sadar, itu telah membebani bahu dan punggung, sehingga rentan membuatnya sakit. 

Lalu, apa kelebihan dan kekurangan tas ransel?
Pada dasarnya, ransel atau tas punggung memiliki banyak bagian yang membuat isi tas menjadi lebih teratur. Seperti yang dilansir dari laman Teens Health, ransel adalah pilihan yang baik jika membawa barang yang banyak dibandingkan tas selempang atau tas bahu. 

Hal ini dikarenakan penggunaan ransel akan membuat beban yang dibawa memiliki porsi yang seimbang pada otot terkuat manusia, yaitu otot punggung dan perut.

Sebuah penelitian pada tahun 2015 yang menyatakan bahwa tas ransel lebih baik karena dapat mengurangi gejala nyeri punggung belakang dibandingkan jenis tas lain pada perempuan remaja.

(foto: Health)

Kekurangannya, meski beban otot seimbang, barang bawaan yang terlalu berat akan membebani punggung sehingga tas bisa menarik tubuh  ke belakang. Kita pun akan memajukan tubuh pada bagian panggul dan lengkung tulang belakang. Akibatnya, postur tulang belakang jadi terganggu. 

Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan tas selempang?
Jika kita membawa barang yang tidak begitu banyak dan ingin terlihat lebih modis, tas bahu atau tas selempang adalah jawabannya. Ketika lelah menyampirkannya di salah satu bahu saja, Anda dapat memegangnya dengan tangan dan memindahkan beban tersebut.

Kekurangannya, membawa tas selempang dengan beban yang sangat berat dapat memengaruhi gaya berjalan. Hal ini dikarenakan ketika berjalan, lengan dan kaki akan berayun dan membutuhkan keseimbangan yang baik.

Ketika beban dalam tas yang dibawa terlalu membebani salah satu bahu atau salah satu sisi tubuh, hal ini bisa mengganggu keseimbangan dan membuat berisiko menderita sakit punggung. 

Baca Lainnya : Obati Cedera Tulang Belakang, Jepang Lakukan Uji Coba dengan Sel Punca

Sakit punggung akibat penggunaan tas memang tidak bisa dihindari sepenuhnya. Akan tetapi, kita dapat mengurangi risiko tersebut dengan memakai ransel sebagai pengganti tas bahu dan selempang. Selain itu, beberapa strategi berikut juga dapat membantu meringankan beban bawaan tas: 

  1. Memilih ukuran tas yang kecil. Semakin besar tas yang dipakai, semakin besar kecenderungan Anda untuk memasukkan barang yang sebenarnya tidak terlalu penting. Akibatnya, tas menjadi lebih berat. 
  2. Mencari tas dengan tali yang tebal dan lebar. Tali tas yang kecil akan membuat otot bahu sakit. 
  3. Mengelompokkan tas berdasarkan kebutuhannya. Misalnya, tas untuk pergi bekerja atau tas selempang ketika pergi ke gym pun harus dibedakan karena isi beratnya yang berbeda. 
  4. Selalu gunakan kedua tali ransel atau berganti sisi bahu ketika menggunakan tas selempang untuk menjaga postur tubuh kita. 
  5. Kunci utama dalam memilih tas ransel dan selempang adalah mengetahui barang apa saja yang harus dibawa. Jika hanya membawa sedikit barang dan tidak terlalu berat, bisa memilih tas selempang atau bahu. Akan tetapi, ketika diharuskan untuk membawa laptop atau buku yang berat, sebaiknya memilih tas ransel.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: