Cara Jitu untuk Menjalin Hubungan Kedekatan dengan Kucing Kesayangan

TrubusLife
Hernawan Nugroho | Followers 0
09 Okt 2019   19:30

Komentar
Cara Jitu untuk Menjalin Hubungan Kedekatan dengan Kucing Kesayangan

Kedekatan kucing dengan pemiliknya dapat terjalin secara alami dan tahan lama melalui pendekatan yang bertahap (shutterstock)

Trubus.id -- Pemilik kucing biasanya berusaha keras untuk membentuk ikatan yang kuat dengan kucing kesayangan. Ada metode yang dapat membantu pemilik untuk membentuk hubungan manusia-kucing dengan sukses. Jika pemilik membawa kucing baru untuk pertama kalinya atau ingin meningkatkan hubungan dengan kucing yang ada, berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membentuk ikatan yang tahan lama dan alami dengan hewan peliharaan menurut PetWorld.

1. Beri Mereka Ruang

Nicholas Dodman, seorang ahli perilaku hewan dan profesor emeritus di Cummings School of Veterinary Medicine di Tufts University, menganjurkan hal itu. “Kiita tidak bisa memaksa kucing untuk melakukan apa pun. Pemilik tidak bisa membuat mereka mencintainya, dan kita tidak bisa langsung dekat ke kucing yang belum pernah ditemui sebelumnya tanpa menimbulkan masalah. Biarkan dulu ada jarak sebentar"

Doodman merekomendasikan memberi kucing ruang yang agak jauh dari tempat mereka bisa bersembunyi. "Mereka akan menginginkan tempat untuk memproses apa yang terjadi, terutama jika mereka baru di rumah," ujarnya. Tempat khusus ini juga harus mencakup apa yang disebut "ruang keselamatan", seperti bintik-bintik vertikal seperti pohon kucing atau sesuatu yang sederhana seperti kotak kardus dengan pintu masuk dan pintu keluar yang dipotong ke dalamnya.

Baca Lainnya : Obesitas Pada Kucing Dapat Memicu 7 Penyakit Berbahaya Ini

2. Tetaplah pada Apa yang Mereka Ketahui

Pada umumnya, kucing adalah makhluk penghafal kebiasaan. Pindah ke lingkungan baru itu sulit, jadi pemilik harus melakukan semua yang mereka bisa untuk membuat transisi berjalan semudah mungkin. Termasuk pada ke cara pemberian dan jenis makanan kucing. "Tiba-tiba mengganti makanan mereka bisa membuatnya terkejut," kata Doodman. 

“Pemilik tidak dapat mengharapkan kucing untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, bau baru, suara baru, orang baru, dan makanan baru sekaligus. Pemilik harus bertujuan untuk menjaga sebanyak mungkin hal yang sama sampai mereka dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Kucing merasa nyaman dalam konsistensi. ” Itu bukan untuk mengatakan kucing peliharaan tidak akan pernah bisa beralih ke makanan yang berbeda atau lingkungan baru, hanya saja kucing akan lebih nyaman dengan perubahan bertahap daripada banyak sekaligus.

3. Biarkan Mereka Datang kepadamu

Saat kucing peliharaan sudah menjadi lebih nyaman, ia kemungkinan akan mulai menjelajahi rumah barunya dan mengenal orang-orang barunya. Beberapa kucing melompat masuk, sementara yang lain mungkin butuh berminggu-minggu untuk pemanasan. Kuncinya adalah membiarkan kucing memilih kapan saatnya untuk mulai menjalin hubungan. Biarkan kucing memutuskan kapan OK untuk mulai berteman.
 
Ketika kucing sudah siap, dia akan mulai menunjukkan perilaku ikatan. "Puncaknya adalah saat kucing berjalan menghampiri pemilik dan mulai menggosok dengan dahinya," jelas Dodman. "Ini sering disertai dengan perilaku ramah lainnya seperti mendengkur dan duduk di pangkuan atau tepat di sebelah pemiliknya."

4. Tahu Kapan Harus Mundur
 
Mampu membaca bahasa tubuh kucing adalah kunci untuk menghindari kemunduran ikatan. Doodman mengatakan untuk mencari sejumlah petunjuk bahasa tubuh yang mengindikasikan kucing mungkin tidak nyaman dan pemilik harus mengambil langkah mundur. “Tanda-tanda ini termasuk telinga yang rata, ekor yang berkedut agresif, dan pupil yang sangat melebar. Jika pemilik melihat salah satu dari ini, mungkin bukan saat yang tepat untuk menjangkau dan membelainya, "jelasnya.

Mendengkur juga terkadang menunjukkan bahwa kucing gelisah. Ini kadang membingungkan, karena mendengkur biasanya berarti kucing bahagia, tetapi kadang-kadang mereka akan menggunakannya sebagai mekanisme yang menenangkan diri. Jika kucing mendengkur tetapi masih tampak gelisah, yang terbaik adalah memberinya ruang.

Baca Lainnya : Perawatan Kucing untuk Menekan Perkembangan Toksoplasma

5. Bangun Perilaku Pembentuk Ikatan

Pemilik tidak boleh memaksakan interaksi pada kucing baru, tetapi dapat mengambil langkah-langkah untuk mendorongnya. "Makanan harus berada di sekitar Anda secara umum,” Dodman menjelaskan. “Kamu juga bisa mencoba bermain-main dengan mainan tangan seperti laser pointer. Dia akan bermain dan mengejar saat pemilik berada di ruangan, membuat kehadiran pemilik disambut baik."
Banyak kucing yang juga sangat termotivasi oleh makanan. Pemilik bahkan bisa menerima camilan dan meletakkannya di pangkuanmu. Mungkin itu semua motivasi yang dibutuhkan kucing untuk datang dan nyaman duduk di pangkuan. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Makanan Kucing Paling Bagus untuk Menyehatkan Bulu

Hernawan Nugroho   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: