Empat Mahasiswa Temukan Spesies Baru Jangkrik Raja di Kosta Rika

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
09 Okt 2019   15:30

Komentar
Empat Mahasiswa Temukan Spesies Baru Jangkrik Raja di Kosta Rika

Keempat penulis makalah tersebut berdiri bersama spesies kriket raja baru yang mereka kumpulkan. Dari kiri ke kanan adalah: Jonathan Koehl, Randell Paredes, Steven Richardson, dan Travis Trimm. (Doc/ Hojun Song)

Trubus.id -- Empat mahasiswa dari Texas A&M Departemen Entomologi berhasil menemukan spesies baru jangkrik raja selama studi yang mereka lakukan baru-baru ini di Kosta Rika. Di bawah bimbingan Hojun Song, Ph.D., associate professor untuk entomologi, Steven Richardson, Travis Trimm, Randell Paredes dan Jonathan Koehl menggambarkan spesies baru jangkrik raja, Glaphyrosoma stephanosoltis, Orthoptera Anostostomatidae, dari hutan hujan tropis di dekat Soltis Pusat Penelitian dan Pendidikan di San Isidro.

Spesies baru jangkrik raja

"Tahun lalu, keempat siswa ini bekerja dengan spesies kriket raja yang sangat umum di lantai hutan dekat Soltis Center," kata Song. 

"Saat mengerjakan proyek mereka, menjadi jelas bahwa spesies, yang begitu berlimpah, sebenarnya baru untuk ilmu pengetahuan karena kami tidak dapat mengidentifikasi mereka hingga ke spesies." terangnya.

Baca Lainnya : Mencengangkan, Harga Seekor Jangkrik di Kota Ini Melebihi Emas

Penemuan mereka sendiri dicatat dalam jurnal Zootaxa pada bulan September lalu. Kelompok ini menemukan spesies baru ketika bekerja pada sebuah proyek penelitian tentang kebiasaan makan jangkrik selama kursus dua minggu berjudul "Entomologi Lapangan di Tropis" musim panas lalu.

Jangkrik dikumpulkan dengan tangan di sepanjang jalan setapak di hutan hujan sekunder dekat Pusat Soltis. Song mengatakan bahwa kelompok itu kemudian membawa spesimen jangkrik kembali ke labnya di College Station, dan sepanjang semester musim gugur, ia mengajar para siswa bagaimana mendeskripsikan spesies baru dengan benar dengan meninjau literatur taksonomi, mengambil foto, mengukur spesimen, dan menggambarkan fitur-fitur penting.

Penulis pertama publikasi ini, Richardson, mengusulkan spesies baru yang dinamai Soltis Center. Nama spesies "stephanosoltis" berarti "Mahkota Soltis" mengacu pada spesies jangkrik raja pertama yang pernah dideskripsikan bersama dengan Pusat Soltis.

Menurut laporan itu, spesies baru jangkrik mewakili distribusi paling selatan dari genus Glaphyrosoma Brunner von Wattenwyl yang didistribusikan secara luas ke seluruh Meksiko, Guatemala dan Honduras. Spesies baru ini ditemukan di seluruh Provinsi Alajuela di lantai hutan hujan di bagian utara Kosta Rika.

Para mahasiswa ini juga mengamati jangkrik yang suka bersembunyi di bawah dedaunan dan cabang yang robek serta tanah yang menjorok di bawah jalan setapak atau terowongan yang dibuat oleh hewan burrowing lainnya. Mereka berteori, spesies yang paling mungkin hidup di bawah tanah untuk menghindari pengeringan, atau dehidrasi ekstrem.

Baca Lainnya : Mau Budi Daya Jangkrik, Coba 2 Jenis Ini

Para siswa dapat mengumpulkan jangkrik menggunakan umpan oatmeal yang diletakkan di lantai hutan pada malam hari. Selama belajar di luar negeri, mereka menemukan bahwa jangkrik menunjukkan preferensi yang luar biasa untuk memakan daun tanaman asli, tetapi ketika disimpan di dalam kandang, mereka lebih suka memakan jangkrik dan katydid yang mati.

Song mengatakan bahwa mengembangkan kesadaran tentang keanekaragaman hayati adalah kunci untuk konservasi, dan para siswa dapat mengambil bagian dalam upaya penting ini.

"Setiap hari kita melihat perusakan habitat dan urbanisasi, yang memiliki dampak mendalam pada keanekaragaman hayati," katanya. 

"Kita mungkin tahu kurang dari 10% dari apa yang ada di luar sana, dan kita mendorong mereka ke kepunahan tanpa mengetahui spesies apa yang ada di luar sana. Satu-satunya cara untuk melindungi keanekaragaman hayati adalah dengan pertama-tama mengetahui keanekaragaman hayati. Dalam hal itu, menggambarkan spesies baru adalah komponen yang sangat penting dari konservasi keanekaragaman hayati." terangnya lagi. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Makanan Kucing Paling Bagus untuk Menyehatkan Bulu

Hernawan Nugroho   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: