Lindungi Banyak Spesies, Grup Konservasi Ini Beli Lahan Pribadi Terbesar Berisi Sequoia Raksasa

TrubusLife
Thomas Aquinus | Followers 0
09 Okt 2019   12:00

Komentar
Lindungi Banyak Spesies, Grup Konservasi Ini Beli Lahan Pribadi Terbesar Berisi Sequoia Raksasa

Ilustrasi sequoia raksasa (Sequoiadendron giganteum). (Etsy.com)

Trubus.id -- Alder Creek, hutan seluas 530 hektar yang diketahui sebagai properti sequoia raksasa (Sequoiadendron giganteum) milik pribadi terbesar di dunia, akan diakuisisi oleh kelompok konservasi berusia seabad, Save the Redwoods League. Kelompok ini pada akhirnya akan menyerahkan tanah ke Dinas Kehutanan Amerika Serikat untuk melindungi pohon-pohon sebagai harta nasional.

Pohon sequoia Alder Creek berjumlah 483, mayoritas dengan diameter 6 kaki atau lebih. Sequoia Alder Creek yang paling perkasa adalah Stagg Tree, yang diyakini sebagai pohon terbesar kelima di dunia, yang menjulang hingga 250 kaki dengan lebar 25 kaki.

Dikenal karena dapat mencapai ketinggian lebih dari 300 kaki, sequoia raksasa dihargai karena kelangkaannya. Apa yang membedakan sequoia raksasa dari pohon lain adalah bahwa ia hidup hingga 3.000 tahun. Hanya dua spesies pohon lain - pinus Great Basin bristlecone dan cypress Patagonian - yang anggotanya lebih tua dari sequoia raksasa.

Baca Lainnya : Dianggap Tidak Terancam Perubahan Iklim, Pohon Cedar Alaska Ditolak Masuk Daftar Spesies Terancam

Pohon-pohon ini hanya ditemukan di sekitar 73 kebun di 48.000 hektar wilayah Sierra Nevada. Sebagian besar tanah raksasa ini tumbuh di Taman Negara Besar Calaveras, Taman Nasional Sequoia-Kings Canyon, Hutan Nasional Sequoia dan Taman Nasional Yosemite.

Ketinggian dan ketebalan satu sequoia raksasa berarti jenis pohon kuno ini tangguh. Kapasitas penyerapan karbonnya membuatnya tidak tergantikan, itulah sebabnya konservasi jangka panjangnya sangat penting. Ini juga merupakan rumah bagi hewan yang terancam punah seperti mamalia American marten, burung hantu tutul California dan mamalia Pasific fisher.

Alder Creek, yang terletak sekitar 10 mil di selatan Taman Nasional Yosemite, sebanding dalam ukuran dan signifikansinya dengan Hutan Mariposa Raksasa Sequoias yang terkenal. Dari 1.200 hektar tegakan sequoia raksasa yang masih dipegang secara pribadi, Alder Creek adalah yang terbesar, berukuran sekitar lima kali ukuran bidang milik pribadi lainnya. 

Baca Lainnya : Jamur Tanah di Sekitar Akar Pohon, Kunci Keanekaragaman Hayati di Hutan Tropis

Alder Creek telah berada di tanah milik keluarga Rouch sejak 1940-an. Claude Albert Rouch awalnya membeli tanah untuk penebangan. Sementara keluarga itu menebang pinus dan cemara untuk mendapatkan kayu, mereka memastikan bahwa sequoia raksasa tetap tidak terluka.

Kesepakatan tersebut telah dinegosiasikan selama 20 tahun terakhir, dan grup ini, hingga penutupan 2019, telah mengumpulkan US$15,6 juta yang diperlukan untuk mengamankan pembelian Alder Creek. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Diet Detoks Hanya dengan Minum Jus Buah, Amankah?

Hernawan Nugroho   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: