Upaya Kurangi Kepunahan Global, Peta Bahaya Hewan Diterbitkan

TrubusLife
Thomas Aquinus
09 Okt 2019   09:00 WIB

Komentar
Upaya Kurangi Kepunahan Global, Peta Bahaya Hewan Diterbitkan

Ilustrasi Animal Endangerment Map. (Ecohustler)

Trubus.id -- Satwa liar saat ini dalam bahaya, menghadapi berbagai ancaman yang menguji kemampuan mereka bertahan hidup. Untuk mengilustrasikan besarnya krisis, sebuah Animal Endangerment Map yang baru telah disajikan yang mencerminkan status konservasi spesies yang terancam punah secara global.

Kelangsungan hidup spesies sangat penting untuk melestarikan keanekaragaman hayati dan sejarah alam yang unik di suatu daerah, tetapi kemajuan yang terjadi belum lah baik untuk flora dan fauna akhir-akhir ini.

Apa yang menyebabkan spesies terancam punah? Beberapa ancaman bersifat alami, seperti penyakit, misalnya. Namun, penyebab utamanya adalah karena aktivitas manusia sendiri. Perubahan iklim, hilangnya habitat (penggundulan hutan, pembangunan kota/ pinggiran kota, pertanian, peternakan), penangkapan dan perburuan ilegal untuk perdagangan satwa liar, spesies invasif, eksploitasi berlebihan (perburuan berlebihan, penangkapan ikan berlebihan, pemanenan berlebihan akan sumber daya air) dan polusi semua akibat jejak manusia.

Baca Lainnya : Mitos Khasiat Cula dan Gigi, Penyebab Nyaris Punahnya Badak Sumatera

Pertumbuhan populasi manusia pada dasarnya menyisakan lebih sedikit ruang untuk spesies satwa liar. Dan ketika ekosistem melemah, banyak spesies dipaksa untuk beradaptasi dengan cepat atau menghadapi kepunahan dalam beberapa dekade mendatang.

Peta Bahaya Hewan yang baru disusun tersebut menyusun dan menganalisis data dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) dan World Wildlife Fund (WWF). Peta tersebut mengklasifikasikan distribusi hewan global sebagai rentan, terancam punah, atau punah.

Bagaimana spesies dimasukkan ke dalam berbagai kategori didasarkan pada dua faktor yang distandarisasi oleh IUCN dan WWF - ukuran populasi, serta jumlah populasi yang menurun selama 10 tahun atau tiga generasi sebelumnya.

Baca Lainnya : Spesies Kadal Terancam Punah Ini Diberi Pulau Tropis Baru untuk Berkembang Biak 

Peta hewan tersebut telah menetapkan bahwa Amerika Serikat saat ini memiliki 1.283 total spesies yang berisiko. Mereka lebih lanjut dikategorikan sebagai berikut: 237 punah, 4 punah di hutan belantara, 214 terancam punah, 277 terancam punah dan 551 rentan.

Diharapkan data yang disediakan oleh Animal Endangerment Map dapat membantu dalam upaya mengamankan habitat dan mempertahankan seluruh spesies. Dengan informasi ini, para peneliti dan pemerintah dapat menangani area target untuk pelestarian.

Baca Lainnya : Upaya Penyelamatan Berhasil, Ikan Ini Dikeluarkan dari Daftar Spesies Terancam Punah

Peta ini, yang menarik, memiliki fitur toggle yang menampilkan data dari 10 tahun yang lalu untuk berkorelasi dengan hasil saat ini, sehingga memungkinkan pengguna untuk secara longitudinal membandingkan status konservasi berbagai spesies. Oleh karena itu, informasi yang diberikan dapat mengungkapkan kemanjuran dan kelayakan program jangka panjang saat mereka berkembang dan diimplementasikan.

Lebih penting lagi, inisiatif di masa lalu telah membuktikan bahwa kawasan lindung yang dikelola dengan baik dapat menghindarkan dari kepunahan, memungkinkan spesies untuk pulih. Oleh karena itu diharapkan bahwa Peta Bahaya Satwa dapat mengilhami tindakan konservasi yang terinformasi dengan baik untuk melindungi satwa liar yang saat ini membutuhkan bantuan. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: