Penyakit Kulit Satwa yang Dapat Menular ke Manusia

TrubusLife
Hernawan Nugroho
03 Okt 2019   06:00 WIB

Komentar
Penyakit Kulit Satwa yang Dapat Menular ke Manusia

Ada penyakit hewan peliharaan yang dapat menular kepada manusia. Waspada! (shutterstock)

Trubus.id -- Tahukah Trubus Mania bahwa penyakit kulit pada hewan peliharaan bisa menular ke manusia? Walau terdengar belum umum, laman ilmuveteriner menginformasikan penyakit seperti jamur pada kucing yang dirasa sudah sering terjadi, sebenarnya kita tidak boleh lalai dan harus cepat mencari cara menghilangkan jamur pada kucing mau pun anjing. Tidak hanya itu, ada beberapa penyakit yang harus diwaspadai agar tidak tertular dari hewan peliharaan.

1. Ringworm

Ringworm adalah penyakit yang berasal dari jamur dan bisa dialami oleh anjing serta juga kucing. Jika Trubus Mania  menemukan adanya jamur kucing persia atau pada jenis kucing mau pun anjing, segeralah bawa ke dokter hewan. Ringworm tumbuh dengan perlahan, memakan sel-sel kulit mati dan akhirnya menyebar ke beberapa bagian tubuh hewan. Jika ini terkena kulit manusia yang sedang terluka, penularan akan mudah terjadi. Jadi, pastikan pemilik hewan tidak mempunyai kontak langsung pada hewan yang sedang mengalami ringworm.

Baca Lainnya : Mengapa Gatal Menular?

2. Scabies

Scabies adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit seperti tungau. Biasanya, ini ditularkan melalui kontak langsung oleh hewan yang sudah terkena scabies terlebih dahulu atau juga barang yang terkontaminasi. Tungau ini masuk ke dalam permukaan kulit yang menyebabkan gatal luar biasa dan menyebabkan kerontokan. Scabies ini umumnya menyerang telinga dan beberapa bagian wajah dan memberikan rasa gatal yang luar biasa serta bercak kemerahan. Pada manusia, tentu tidak menyebabkan kerontokan. Namun, scabies juga akan membuat manusia merasakan gatal-gatal.

3. Flea bites dermatitis

Jika hewan kesayangan terkena penyakit ini atau bisa juga disebut dengan kutu, sebaiknya jangan dianggap remeh. Kutu yang ada pada tubuh mereka bisa juga menular pada pemiliknya. Efek yang diberikan pada kulit manusia adalah adanya ruam, gatal dan kemerahan. Jika ini terjadi pada keluarga di rumah, segera hubungi dokter ya.

Baca Lainnya : 30.000 Penduduk Amerika Mengidap Penyakit Ini Akibat Kutu

3 penyakit kulit tersebut adalah penyakit yang dapat menyerang manusia. Jadi, selalu waspada dengan yang terjadi pada hewan peliharaan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk selalu memberi makanan berkualitas agar kesehatan bulu dan kulit hewan terjaga dengan baik. [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: