Diet Nabati Dapat Redakan Sakit Karena Peradangan pada Lebih dari Empat Sendi

TrubusLife
Syahroni
02 Okt 2019   23:00 WIB

Komentar
Diet Nabati Dapat Redakan Sakit Karena Peradangan pada Lebih dari Empat Sendi

Diet nabati dapat meredakan sakit yang disebabkan oleh Rheumatoid Arthritis. (Istimewa)

Trubus.id -- Beralih ke pola makan nabati dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh Rheumatoid Arthritis (RA), sebuah studi baru menunjukkan. Rheumatoid arthritis adalah jenis polyarthritis inflamasi, ditandai oleh peradangan pada lebih dari empat sendi.

Rheumatoid arthritis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sinovium — selaput membran yang mengelilingi sendi Anda, Mayo Clinic menyatakan di situs webnya. Peradangan yang dihasilkan mengentalkan sinovium, yang akhirnya dapat menghancurkan tulang rawan dan tulang di dalam sendi. Meskipun RA dapat terjadi pada usia berapa pun, biasanya dimulai pada usia paruh baya. Ini juga mempengaruhi wanita lebih sering daripada pria.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Nutrition menunjukkan bahwa menghilangkan daging merah dari makanan mereka dapat membantu meringankan rasa sakit RA.

Baca Lainnya : 6 Obat Alami untuk Mengatasi Penyakit Radang Sendi

Para peneliti dengan Komite Dokter untuk Pengobatan yang Bertanggung Jawab dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas George Washington meninjau 'percobaan klinis dan studi pengamatan dan menemukan bukti kuat dan konsisten bahwa pola makan nabati dapat mengurangi peradangan dan memperbaiki gejala yang berhubungan dengan RA.'

"Pola makan nabati yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan polong-polongan mungkin sangat membantu bagi mereka yang menderita rheumatoid arthritis," kata rekan penulis penelitian Hana Kahleova, direktur penelitian klinis untuk Komite Dokter, dalam siaran persnya yang dilansir dari medicalxpress.com.

"Studi ini menawarkan harapan bahwa dengan perubahan menu sederhana, nyeri sendi, pembengkakan, dan gejala menyakitkan lainnya dapat meningkat atau bahkan hilang." tandasnya.

Baca Lainnya : Susu dan Daging Sapi Sebabkan Radang Sendi, Ini Alasannya

Tinjauan para peneliti terhadap beberapa studi menemukan bahwa diet nabati mengurangi peradangan. Salah satu penelitian ini menemukan bahwa 'diet tinggi lemak dan daging olahan dikaitkan dengan penanda inflamasi, termasuk protein C-reactive (CRP). Diet nabati dan diet tinggi serat telah dikaitkan dengan kadar CRP yang lebih rendah.'

Sebuah tinjauan dari uji klinis menemukan bahwa orang-orang dengan rheumatoid arthritis yang sedang hingga parah mengalami peningkatan yang signifikan pada kekakuan di pagi hari, nyeri RA, nyeri sendi, dan pembengkakan sendi setelah hanya empat minggu menjalani diet vegan rendah lemak.

"Studi ini menawarkan harapan bahwa dengan perubahan menu sederhana, nyeri sendi, pembengkakan, dan gejala menyakitkan lainnya dapat meningkat atau bahkan hilang," kata Kahleova. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Kucing Pertama yang Terinfeksi Virus Corona Ditemukan di Belgia

Pet & Animal   28 Mar 2020 - 22:49 WIB
Bagikan:          
Bagikan: