Manfaat Daging Bebek Serta Kandungan Gizinya

TrubusLife
Hernawan Nugroho
02 Okt 2019   17:00 WIB

Komentar
Manfaat Daging Bebek Serta Kandungan Gizinya

Daging bebek ternyata memiliki khasiat bagus untuk kesehatan (gettyimages)

Trubus.id -- Bebek merupakan salah satu komoditi unggas yang mempunyai peran cukup penting sebagai penghasil telur dan daging. Bebek umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kerabatnya, angsa dan angsa berleher pendek. Bebek dapat ditemukan di perairan tawar maupun air laut.

Trend masyarakat untuk mengkonsumsi daging bebek terus meningkat, terutama di kota-kota besar. Banyak olahan-olahan daging bebek yang kreatif untuk memikat para pecinta daging. Citarasa daging bebek lebih gurih daripada daging ayam, namun daging ayam masih tetap menjadi primadona bagi semua kalangan. Meskipun begitu daging bebek tidak kalah dengan memberikan manfaat-manfaat lebih bagi kesehatan dan menurut laman Medcom, kebanyakan orang belum tau faktanya seperti dibawah ini.

1. Menjaga kinerja otot

Daging bebek cukup memiliki banyak kandungan protein hewani dan sedikit sodium sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan sel-sel otot dan jaringan organ tubuh, sehingga sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan dan ibu-ibu hamil agar kinerja otot lebih optimal.

Baca Lainnya : Inilah Sebabnya Makan Daging Merah Tingkatkan Risiko Kanker

2. Mencegah Anemia

Zat besi yang terdapat pada kandungan daging bebek cukup tinggi dibandingkan dengan daging ayam, daging bebek mampu memenuhi sekitar 50% kebutuhan haruan zat besi dalam tubuh orang dewasa namun zat besi daging ayam hanya memenuhi sekitar 9%. Zat besi berguna untuk memenuhi kebutuhan hemoglobin dalam tubuh dan mencegah anemia.

3. Struktur Tulang dan Gigi Menjadi Semakin Kuat dan Sehat

Salah satu sumber makanan yang mengandung fosfor terbesar adalah daging-dagingan namun daging-dagingan itu sendiri banyak jenisnya. Jika dibandingkan dengan daging ayam, daging bebek memiliki kandungan fosfor yang mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh tubuh sebesar 36% sedangkan daging ayam hanya mampu memenuhi kebutuhan harian zat fosfor sebesar 25%. Zat fosfor itu sendiri mampu menguatkan struktur tulang dan gigi manusia.

4. Menambah Vitalitas Pada Pria

Bagi kaum adam, mengonsumsi daging bebek memiliki manfaat yang khusus bagi mereka. Daging bebek memiliki kandungan zat tiamin yang bermanfaat untuk membantu syaraf dan otot agar lebih peka.

Daging bebek memiliki khasiat menjaga kelembaban kulit (foto: shutterstock)

5. Mempercantik dan Menyehatkan Kulit

Daging bebek memiliki kandungan lemak sehat dengan komposisi  perbandingan lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda sebesar 3:5:2. Kandungan lemak yang cukup tinggi dalam daging bisa membuat kebutuhan lemak dalam tubuh terpenuhi. Kelembaban kulit tetap terjaga, lebih kencang, kenyal, segar, dan cantik. Selama dikonsumsi dalam batas wajar, daging bebek akan baik untuk tubuh kita dalam memenuhi kebutuhan lemak.

Baca Lainnya : Ingin Dapat Manfaat Sehat Tomat, Jangan Konsumsi Berbarengan dengan Daging

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Tiap 100 gram daging bebek panggang mengandung 0,5 mg riboflavin (vitamin B2) atau memenuhi 28% dari kebutuhan sehari Anda, yang penting untuk membantu melepaskan energi dari makanan serta mempertahankan kesehatan kulit dan rambut.

7. Memperlancar Sistem Pencernaan

Tidak hanya sayur-sayuran dan buah-buahan yang mampu memperlancar pencernaan, tapi daging-dagingan pun dapat memperlancar pencernaan seperti daging bebek. Daging bebek dapat melancarkan sistem pencernaan karena terdapat kandungan niacin (vitamin B3) di dalamnya.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Kucing Pertama yang Terinfeksi Virus Corona Ditemukan di Belgia

Pet & Animal   28 Mar 2020 - 22:49 WIB
Bagikan:          
Bagikan: