Terancam Perubahan Iklim dan Infeksi Jamur, Ilmuan Perbaiki Genom dan Phytozome Kakao

TrubusLife
Syahroni
30 Sep 2019   21:00 WIB

Komentar
Terancam Perubahan Iklim dan Infeksi Jamur, Ilmuan Perbaiki Genom dan Phytozome Kakao

Biji kakao unggulan. (Mars Wrigley)

Trubus.id -- Menurut Organisasi Kakao Internasional (ICCO), produksi biji kakao global pada 2017-2018 adalah 4,6 juta metrik ton. Perusahaan pemegang merek cokelat global tidak akan ada tanpa kakao. 

Tapi hari ini, tanaman itu dalam ancaman karena perubahan iklim dan infeksi jamur yang menghancurkan. Itulah sebabnya Mars, Inc., pabrik pembuat cokelat selama lebih dari 100 tahun dan salah satu pembeli kakao terbesar di dunia, bekerja sama dengan peneliti yang lain untuk mengembangkan tanaman kakao yang lebih sehat dan lebih produktif serta memastikan akan ada kakao untuk cokelat di masa depan.

Pada 2010, rancangan genom pertama kakao Theobroma — pohon yang menghasilkan biji kakao — dirilis oleh konsorsium yang dipimpin Mars, Inc melalui proyek Basis Data Genom Cacao. Urutan genom dikumpulkan oleh tim pabrik di Institut HudsonAlpha untuk Bioteknologi.

Genom referensi terbaru untuk T. cacao sekarang telah selesai dan dirilis oleh para ilmuwan HudsonAlpha yang, dengan bantuan dana dari Mars Wrigley. Genom beranotasi telah diperbarui ke standar modern berkualitas tinggi dan mencakup data RNA-seq. 

Genom T. cacao Matina 1-6 yang lebih baik sekarang tersedia untuk tujuan komparatif pada versi terbaru portal tanaman JGI Phytozome di phytozome-next.JGI.doe.gov. 

Salah satu tujuan dalam memperbarui anotasi genom adalah mengembangkan simpul berkualitas tinggi untuk kakao yang digunakan untuk ortologi sistemik untuk memungkinkan penggunaan untuk biologi fungsional dan pemuliaan kakao. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Serangan Migrain Sebelah Kiri Kepala, Apa Artinya, Ya?

Health & Beauty   12 Des 2019 - 12:16 WIB
Bagikan:          

Lautan Telah Kehilangan Oksigen Pada Tingkat Yang Mengkhawatirkan

Plant & Nature   12 Des 2019 - 15:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan: