Ikan Pendeteksi Kesehatan Terumbu Karang

TrubusLife
Hernawan Nugroho
30 Sep 2019   20:00 WIB

Komentar
Ikan Pendeteksi Kesehatan Terumbu Karang

Butterflyfish menggantungkan hidupnya pada organisme di sekitar terumbu karang (gettyimages)

Trubus.id -- Terumbu karang punya peran yang penting di kehidupan bawah laut. Ia dijadikan sebagai tempat tinggal bagi hewan-hewan kecil. Selain itu juga beberapa hewan laut mencari makan di sekitar terumbu karang.

Peran lainnya adalah terumbu karang bisa membuah lingkungan dalam laut terlihat semakin indah. Tak hanya itu, bahkan terumbu karang juga berperan melindungi pantai dai abrasi atau pengikisan. Nah, ada beberapa hewan lau tertentu yang hidupnya sangat bergantung pada terumbu karang. Salah satunya adalah butterflyfish.

Baca Lainnya : Gelombang Panas Pasifik Pengaruhi Terumbu Karang di Hawaii dan Wilayah Lain

Menurut ScienceNews, Butterflyfish dipercaya bisa dijadikan sebagai alat pendeteksi kesehatan terumbu karang. Salah satu ikan dari keluarga Chaetodontidae adalah butterflyfish. Ikan ini memiliki keindahan dan warna-warna cerah dengan garis di mata atau di bagian tubuh. Butterflyfish umumnya berukuran kecil dan biasanya memiliki panjang sekitar 12 sampai 22 sentimeter.

Ikan ini dinamakan butterflyfish karena motif warnanya mirip dengan kupu-kupu. Mereka memiliki warna yang sangat cerah seperti kuning, jingga, hitam, putih, biru, dan kecoklatan. Warna pada ikan ini berfungsi untuk menyamar dan berlindung dari pemangsa di antara warna-warni terumbu karang.

Baca Lainnya : Australia: Terumbu Karang Great Barrier Reef Kini Sudah Sangat Mengkhawatirkan

Butterflyfish aktif di siang hari dan akan bersembunyi di antara celah-celah karang saat malam hari. Ikan cantik ini suka makan polip karang, alga, dan plankton. Ikan ini senang berenang di perairan hangat dekat dengan terumbu karang dan memiliki pergerakan yang cepat. Untuk mengetahui kesehatan terumbu karang pada suatu perairan, para ilmuwan biasanya melihat kehidupan ikan ini. Semakin beragam dan banyak butterflyfish, makin sehat terumbu karang itu.    

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ilmuan Ungkap Resep Rahasia Alam Dalam Pembentukan Daun Tanaman

Plant & Nature   22 Nov 2019 - 15:13 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Jangan Tunda Lagi, Ikuti 3 Tips Ini untuk Bibir Cerah Sehat Alami 

Health & Beauty   22 Nov 2019 - 14:22 WIB
Bagikan: