Perawatan Kucing untuk Menekan Perkembangan Toksoplasma

TrubusLife
Hernawan Nugroho
27 Sep 2019   21:30 WIB

Komentar
Perawatan Kucing untuk Menekan Perkembangan Toksoplasma

Kucing yang terawat kebersihannya mencegah toksoplasma berkembang (westvet)

Trubus.id -- Kucing sering dikaitkan dengan toksoplasma. Singkatnya, toksoplasma merupakan parasit yang bisa menyebabkan toksoplasmosis atau biasa disebut juga sebagai tokso. Parasit ini bernama Toxoplasma gondii (T. gondii). Toksoplasmosis bisa berbahaya, karena bisa memengaruhi pembentukan bayi di kandungan ibu hamil. Penyakit ini juga bisa berbahaya bagi orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah.

Kucing memang menjadi salah satu penyebar toksoplasma, terutama kucing liar. Biasanya parasit ini masuk ke tubuh kucing dari makanan, yakni hewan kecil yang terinfeksi. Salah satunya adalah tikus. Parasit ini kemudian bisa menular ke manusia, jika kotoran kucing jika tidak sengaja tersentuh dan termakan.  

Baca Lainnya : Kucingmu Gendut? Begini Cara Membantunya Menurunkan Berat Badan

Lalu, apa artinya kita tidak boleh memelihara kucing? Tentu boleh saja, Trubus Mania. Namun, laman WestVet memberikan penjelasan ha-hal yang perlu diperhatikan jika memelihara kucing:

1. Bersihkan Bak Kotoran Kucing Setiap Hari

Toksoplasma ditularkan ke manusia melalui kotoran kucing. Kalau kita tak sengaja menyentuh kotoran kucing dan tidak mencuci tangan sebelum makan, maka parasit akan berpindah dan berkembang di dalam tubuh. Untuk mencegahnya, bersihkan kotoran kucing dalam bak pasirnya setiap hari dan gunakan sarung tangan supaya lebih steril. Jangan lupa selalu cuci bersih tanganmu dengan sabun setelah bersentuhan dengan kucing.

2. Jaga Kebersihan Makanan Kucing dan Jangan Biarkan Kucing Makan Tikus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebanyakan kucing mendapat parasit toksoplasma dari makanannya, termasuk tikus. Usahakan kucing peliharaanmu menjauhi dan tidak mengonsumsi tikus agar terhindar dari toksoplasma. Beri makanan matang atau biskuit kucing siap saji (dryfood). Jika terpaksa memberikan daging mentah, jangan lupa memastikan daging itu telah dibekukan selama beberapa hari agar semua kuman dan parasitnya ikut mati.

3. Jaga Kebersihan Kucing dan Kandangnya

Kucing memang bisa membersihkan dirinya sendiri dengan 'mandi' (menjilati tubuhnya sendiri). Namun kucing juga biasanya bermain di luar rumah dan terkena pasir. Nah, kadang pasir ini sudah terkontaminasi kotoran hewan lain yang bisa jadi mengandung tokso. Untuk mencegahnya, sebaiknya kita memandikan kucing minimal satu minggu sekali dan bersihkan kandang kucing. Jika perlu, semprotkan cairan disinfektan pada kandang.

Baca Lainnya : Begini Cara Melatih Kucing Agar Tertib Buang Kotoran pada Tempatnya

4. Cek Tokso Kucing

Saat ini sudah banyak klinik hewan yang menyediakan alat untuk memeriksa apakah kucing terkena tokso atau tidak. Biasanya kita perlu membayar sekitar Rp200 - 300 ribu untuk cek darah tiap ekor kucing. Hasilnya cukup akurat, kok! Dengan alat ini kita bisa memantau apakah kucing kesayangan aman dari tokso atau tidak. Lakukan cek tokso kucing ini secara rutin tiap enam bulan sekali atau konsultasi ke dokter hewan.

5. Jaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Tak kalah penting, kita juga harus menjaga kebersihan lingkungan rumah. Rumah yang bersih akan bebas dari kecoak dan tikus sehingga kucing juga lebih aman lagi. Untuk saat ini, belum ada vaksin pencegah toksoplasma pada kucing. Vaksin yang tersedia adalah vaksin F3 dan F4 yang mencegah penyakit kucing seperti virus calici, panleukopenia dan chamydia, serta vaksin khusus anti-rabies. Vaksin tokso untuk manusia sudah tersedia, yaitu vaksin TT (tetanus toksoid) yang biasa dilakukan perempuan sebelum menikah.

Kalau kita mengikuti 5 tips di atas, kemungkinan besar kucing akan bebas dari toksoplasma. Tidak sulit, kan, menjaga kesehatan kucing, Trubus Mania?

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ilmuan Ungkap Resep Rahasia Alam Dalam Pembentukan Daun Tanaman

Plant & Nature   22 Nov 2019 - 15:13 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Jangan Tunda Lagi, Ikuti 3 Tips Ini untuk Bibir Cerah Sehat Alami 

Health & Beauty   22 Nov 2019 - 14:22 WIB
Bagikan: