Dibanding Serigala, Anjing Lebih Susah Diajak Kerja Sama

TrubusLife
Trubus Life
24 Okt 2017   16:30 WIB

Komentar
Dibanding Serigala, Anjing Lebih Susah Diajak Kerja Sama

Serigala lebih mudah diajak kerja sama dibanding anjing. (Foto: Pixabay/ jc112203)

Trubus.id -- Kerja sama yang tercipta antara anjing dan manusia diturunkan dari hasil domestikasi. Namun, penelitian menemukan, anjing justru lebih susah diajak kerja sama antar sesamanya dibanding serigala. Serigala lebih memiliki sifat kooperatif, apalagi jika mereka bekerja sama antar sesama serigala.

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Sarah Marshall-Pescini dari University of Veterinary Medicine di Vienna, Australia, mengatakan jika anjing lebih buruk pada kerja sama antar sesamanya dibanding serigala. Kalaupun ada domestikasi, hal ini malah memperburuk kemampuan anjing berkooperatif.

Hasil penelitian ini cukup masuk akal. Alasannya karena serigala hidup di alam bebas sedangkan anjing tidak. Untuk bertahan hidup, serigala saling membutuhkan satu sama lain. Seringkali bekerja sama saat berburu mangsa, membesarkan anak, dan bertahan melindungi kawasan teritorial mereka.

Lain halnya dengan anjing. Kerja sama antar mereka telah terhenti. Bukan berarti anjing enggak bisa diajak kerja sama. Buktinya, anjing dan manusia bisa bekerja sama dengan baik. 

Sarah melakukan uji coba untuk membandingkan kemampuan kooperatif anjing dan serigala yang ada di Pusat Sains Serigala di Vienna, Australia. Dalam uji coba, Sarah menempatkan sekelompok anjing dan serigala di dua tempat berbeda. Anjing dan serigala sengaja disosialisasikan dengan gaya hidup di alam bebas.

Dalam percobaan ini, anjing dan serigala ditantang dengan tes menarik tali. Kelompok anjing dan serigala hanya dapat mengakses makanan jika mereka bekerja sama antar sesamanya menarik dua tali di tempat terpisah secara bersamaan.

Serigala lebih konsisten dibanding anjing dalam urusan kerja sama tim,“ kata para peneliti.

Dari 472 kali percobaan, kelompok anjing hanya berhasil dua kali. Sedangkan kelompok serigala berhasil 100 kali dari total 416 percobaan. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bawang Merah dan Daun Bawang Manakah yang Lebih Sehat

Health & Beauty   29 Jan 2021 - 09:39 WIB
Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Pet & Animal   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: