Minum Obat Sakit Gigi, Darah Wanita Ini Malah Berubah Jadi Biru, Ini Sebabnya

TrubusLife
Thomas Aquinus
26 Sep 2019   14:30 WIB

Komentar
Minum Obat Sakit Gigi, Darah Wanita Ini Malah Berubah Jadi Biru, Ini Sebabnya

Darah biru (Gizmodo)

Trubus.id -- Sakit gigi seorang wanita di Rhode Island akhirnya menyebabkan dia menderita penyakit biru, dalam arti sebenarnya, berkat reaksi aneh yang dia miliki terhadap obat pereda nyeri. Menurut dokternya, wanita itu mengembangkan kelainan langka dan berpotensi mengancam nyawa yang membuatnya kekurangan oksigen berharga dan mengubah darahnya menjadi berwarna biru gelap. 

Kasus wanita tersebut dijabarkan oleh dokternya dalam sebuah laporan yang diterbitkan minggu ini di New England Journal of Medicine.

Penduduk Rhode Island yang saat itu berusia 25 tahun telah mengunjungi ruang gawat darurat dengan keluhan kelelahan, kelemahan otot, dan, yang paling mengkhawatirkan, perubahan warna kulit kebiruan. Dia memiliki kadar oksigen dalam darah yang rendah, tetapi upaya untuk mengobati gejalanya dengan oksigen ekstra ternyata tidak membantu. Ketika mereka mengambil darahnya, warnanya biru gelap. Pengertian “darah biru” yang sebenarnya, ya. 

Baca Lainnya : Kala Darurat, Ini 7 Obat Rumahan untuk Usir Sakit Gigi

Gejala-gejala yang tidak biasa, ditambah dengan fakta bahwa dia baru mulai mengalaminya setelah dia mengambil versi topikal dari obat yang disebut benzocaine — obat bius lokal yang bekerja cepat dijual bebas dan digunakan di ruang operasi — petunjuk para dokter tentang apa yang mungkin terjadi, yang kemudian dikonfirmasi oleh tes darah. Dia memiliki sesuatu yang disebut methemoglobinemia, suatu kondisi di mana jumlah methemoglobin yang sangat tinggi menumpuk di dalam darah.

Methemoglobin sebenarnya adalah bentuk dari hemoglobin, protein merah yang kaya zat besi dalam sel darah yang biasanya mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Tubuh kita secara alami dipenuhi dengan sejumlah kecil methemoglobin pada suatu waktu. Tetapi methemoglobin sebenarnya mempersulit hemoglobin tipikal untuk mengantarkan oksigen ke sel, sehingga memiliki terlalu banyak dapat mencekik kita dari dalam ke luar. Untuk mencegah hal ini, tubuh kita memproduksi enzim untuk mengubah methemoglobin kembali menjadi hemoglobin.

Baca Lainnya : Gawat, Racun Produk Sampingan Plastik Ditemukan dalam Sampel Darah Anak-anak

Methemoglobinemia dapat terjadi pada orang yang lahir dengan mutasi genetik langka yang memengaruhi hemoglobin mereka atau enzim yang digunakan untuk memecah methemoglobin. Tetapi obat-obatan tertentu, termasuk benzocaine, kadang-kadang dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak methemoglobin daripada biasanya, membanjiri sistem gagal-aman tubuh. Kelebihan methemoglobin ini, lebih gelap-coklat, yang mengubah darah menjadi biru.

Untungnya bagi wanita itu, sudah lama ada pengobatan yang efektif untuk kondisi tersebut — bahan kimia yang sering digunakan sebagai pewarna medis, yang disebut metilen biru (ironisnya, memberi orang yang tidak terpengaruh terlalu besar atau cepat dosis biru metilen sebenarnya dapat menyebabkan kondisi tersebut). Dokternya menulis bahwa begitu dia mendapatkan perawatan melalui IV, pernapasan dan warna kulitnya dengan cepat kembali normal.

Kebanyakan orang yang menggunakan benzocaine atau obat lain yang terkait dengan methemoglobinemia tidak pernah mengembangkan kondisi ini, dan sering kali tidak ada alasan yang jelas mengapa orang tertentu jatuh sakit dengan cara yang aneh ini. Dalam hal ini, para dokter mencatat bahwa wanita itu melaporkan "telah menggunakan sejumlah besar benzocaine topikal pada malam sebelumnya untuk sakit gigi." Setelah dia pulih sepenuhnya, dia diberi rujukan untuk perawatan gigi lebih lanjut, di mana dia berharap mendapat bantuan untuk masalah yang memulai semuanya.

Menurut data pengendalian racun, sekitar 100 orang menderita kondisi ini di AS setiap tahun, meskipun ini hampir pasti jarang ditemukan, karena tidak semua orang dengan methemoglobinemia mengalami yang persis seperti kasus ini. [Ayu/NN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: