Begini Cara Melatih Kucing Agar Tertib Buang Kotoran pada Tempatnya

TrubusLife
Thomas Aquinus
26 Sep 2019   06:45 WIB

Komentar
Begini Cara Melatih Kucing Agar Tertib Buang Kotoran pada Tempatnya

Ilustrasi bak kotoran kucing. (Animal-Daily)

Trubus.id -- Punya kucing peliharaan, selain lucu juga baik bagi kesehatan psikologis. Namun kadang, ada juga ulahnya yang bikin kita kesal, buang air sembarangan. Pasalnya, tempat kucing membuang kotorannya biasanya sulit dijangkau untuk dibersihkan. Mulai dari kolong tempat tidur atau di sudut-sudut rumah yang terlihat aman bagi kucing. Itu sebabnya kita perlu mengajari mereka agar lebih tertib membuang kotoran di tempat yang sama yang telah disediakan.

Toilet untuk si Manis

Sama seperti melatih toilet training pada balita, mengajari kucing untuk tertib buang kotoran juga bukan hal mudah. Dilansir dari laman catschool.co, supaya kucing tidak buang kotoran sembarangan, perlu disediakan toilet yang ideal bagi kucing. 

Baca Lainnya : Hindari Toksoplasma, Cek 3 Hal Penting dalam Memelihara Kucing

Misalnya untuk di dalam ruangan, siapkan bak besar untuk kotoran kucing. Isi bak tersebut dengan pasir agar menjadi toilet yang nyaman bagi kucing. Gantilah secara teratur seluruh komponen yang ada di dalam bak tersebut dalam waktu seminggu sekali. 

Hal ini bertujuan agar kucing tertarik menggunakan bak tersebut sebagai tempat yang cocok dan bersih untuk buang air. Memilih pasir juga tidak sembarangan, karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya sebagai berikut. 

  • Pilih pasir yang memang biasa digunakan untuk kotoran kucing. Bisa dibeli di toko khusus hewan peliharaan terdekat. 
  • Gunakan pasir yang mudah diserok. 
  • Jangan gunakan pasir yang wangi. Karena bisa saja kucing tidak suka dan memilih tempat lain yang ada bau kotoran kucingnya.

Jika kucing tidak mau menggunakan bak berisi pasir tersebut untuk buang kotoran, cobalah letakkan bak pasir di lokasi yang berbeda di setiap sudut rumah. Cobalah untuk menggiring kucing di toilet pasirnya ketika ia menunjukkan tanda bahwa ia ingin buang air. Saat pertama kali membelikannya toilet pasir, ajak kucing untuk berkenalan dengan toilet pasirnya. Biarkan ia duduk sejenak di dalam bak meskipun tidak ingin buang air. 

Baca Lainnya : Kenapa Sih Kucing Tergila-gila pada Kertas dan Plastik? Ini Jawabannya

Kemudian untuk di luar ruangan, kucing akan memiliki beragam pilihan tempat untuk buang air. Karena pada dasarnya kucing menganggap semua tanah adalah toilet untuk membuang kotoran. Pemilik hanya perlu menerapkan prinsip yang sama, yakni menyediakan toilet yang ideal, sehingga kucing merasa nyaman untuk menggunakannya.

Yang ideal untuk toilet kucing di luar ruangan adalah tanah yang gundul, kering, rapuh, dan tersapu halus. 

Seperti halnya reward and punishment dalam mendidik anak, jangan lupa untuk memberikan hadiah kecil untuk kucing peliharaan ketika ia sudah berhasil buang air di tempatnya. Hadiah itu dapat berupa biskuit kucing atau makanan lain kesukaannya - di mana kucing akan cepat mengaitkan penghargaan yang diberikan, dan akan selalu buang air di lokasi yang telah ditentukan. Selamat mencoba! [Ayu/NN]

  6


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: