Susu Kayu Manis, Solusi Menurunkan Berat Badan dan Kulit Lebih Sehat

TrubusLife
Hernawan Nugroho
24 Sep 2019   07:00 WIB

Komentar
Susu Kayu Manis, Solusi Menurunkan Berat Badan dan Kulit Lebih Sehat

Kayu manis sejak berabad-abad silam sudah dimanfaatkan sebagai berbagai ramuan kesehatan (gettyimages)

Trubus.id -- Minum segelas susu hangat sebelum tidur adalah rutinitas yang sangat santai dan sehat, dan jika Trubus Mania menambahkan kayu manis ke dalamnya, itu akan meningkatkan kualitas penyembuhan dari minuman itu. Susu kayu manis adalah salah satu minuman paling sehat yang dapat dikonsumsi setiap hari, seperti diberitakan laman HealthToday.

Rempah-rempah ini telah populer selama berabad-abad, berasal dari Mesir kuno, dan berasal dari kulit pohon kayu manis. Ketika kulit mengering, potongan kayu manis mulai menggulung menjadi gulungan, yang kemudian digiling menjadi bubuk. Dua jenis kayu manis yang paling populer adalah kayu manis Ceylon (dikenal sebagai kayu manis “yang sebenarnya”) dan kayu manis cassia.

Baca Lainnya : Kayu Manis, Cara Terbaru Melawan Obesitas

Aroma dan rasa kayu manis yang luar biasa berasal dari bagian tanaman yang berminyak, yang kaya akan cinnamaldehyde. Menurut Dr. Josh Axe, DC, DMN, CNS: “Yang cukup menarik, para peneliti telah menemukan bahwa kayu manis berada di peringkat No. 1 dari 26 bumbu dan rempah-rempah paling populer di dunia dalam hal tingkat antioksidan pelindungnya. Ini juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan lainnya, termasuk sifat antibakteri, antijamur dan anti-diabetes.

Para peneliti telah menyimpulkan bahwa manfaat kesehatan kayu manis dapat diperoleh dalam bentuk kulit kayu murni, minyak atsiri, dalam bentuk bumbu tanah (yang merupakan bubuk kulit kayu) atau dalam bentuk ekstrak ketika senyawa fenolik, flavonoid, dan antioksidannya telah diisolasi. Senyawa-senyawa ini menjadikan kayu manis salah satu bumbu yang paling bermanfaat di bumi, menjadikannya antioksidan, anti-inflamasi, anti-diabetes, anti-mikroba, meningkatkan kekebalan dan potensi kanker serta kemampuan melindungi penyakit jantung.

(foto: Health)

“Bahan rempah yang luar biasa ini memerangi peradangan dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida sambil mempertahankan kadar kolesterol HDL. Kayu manis kaya akan antioksidan, seperti polifenol, yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas, dan penuaan dini pada kulit. Kayu manis tinggi dalam dua senyawa yang mencegah akumulasi protein tau di otak, yang merupakan penanda Alzheimer.

Studi juga menemukan bahwa itu melindungi neuron, meningkatkan fungsi motorik, dan menstabilkan tingkat neurotransmitter. Kayu manis membantu dalam kasus diabetes, dan mengurangi resistensi insulin, yang merupakan hormon vital yang mengatur metabolisme dan mengangkut gula darah dari aliran darah ke sel-sel untuk digunakan sebagai energi.

Baca Lainnya : Turunkan Kadar Gula Darah, Coba Konsumsi Teh dengan Kayu Manis

Karena itu, susu kayu manis adalah cara yang enak untuk menuai semua manfaat kayu manis ini, jadi inilah cara menyiapkannya:

Bahan:

  • 1/4 sendok teh bubuk kayu manis (organik, diproses ringan)
  • satu cangkir susu hangat
  • Madu 
  • Ekstrak vanila (opsional)

Cara membuat: Tambahkan kayu manis ke dalam susu, dimaniskan dengan madu, dan perkaya rasanya dengan ekstrak vanila. Minumlah selagi hangat dan nikmati!

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: