Jangan Anggap Remeh, Ini 6 Manfaat Sehat Berjalan Kaki Setiap Pagi

TrubusLife
Ayu Erning Setyowati | Followers 0
22 Sep 2019   09:00

Komentar
Jangan Anggap Remeh, Ini 6 Manfaat Sehat Berjalan Kaki Setiap Pagi

Ilustrasi berjalan kaki pagi hari (The Thaiger)

Trubus.id -- Banyak orang tidak melakukan olahraga pagi dengan alasan tak sempat atau terburu-buru, padahal meluangkan sedikit waktu untuk berjalan kaki di sekitaran rumah, atau saat menuju ke kampus ataupun kantor bisa jadi salah satu cara memelihara kesehatan yang signifikan, loh. 

Berikut ada 6 manfaat yang bisa didapatkan dengan berjalan kaki setiap pagi. 

Membantu tingkatkan energi 

Pergi pagi pulang malam hari secara terus menerus setiap hari memang melelahkan, namun berjalan kaki di pagi hari dapat memberi lebih banyak energi sepanjang hari. Apalagi jika berjalan kakinya dilakukan di luar ruangan, ada bonus udara segar memasuki paru-paru. 

Sebuah penelitian yang dilansir oleh healthline, menunjukkan bahwa orang dewasa yang jalan selama 20 menit di luar ruangan setiap hari terbukti memiliki tubuh yang sehat dan berenergi, dibandingkan yang jalan di dalam ruangan.

Baca Lainnya : Jalan Kaki Tiap Hari, 7 Hal Positif Akan Terjadi pada Tubuh

Membantu tingkatkan mood 

Menjalani rutinitas kerja kadang memang membosankan dan perlu usaha untuk membangun mood agar bisa perform maksimal. Dengan rutin berjalan kaki, kamu bisa menjadi lebih percaya diri, kecemasan berkurang, gejala depresi menurun, mood meningkat, dan bahkan stres menjadi berkurang. 

Itu karena tubuh otomatis menjadi lebih bugar dan sehat. Untuk hasil terbaik, lakukan jalan kaki selama kurang lebih 20 hingga 30 menit setiap harinya.

Membantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh 

Rutin jalan kaki setiap pagi juga bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga bisa melawan berbagai macam radikal bebas yang masuk ke tubuh dan mencegah dari penyakit. Penelitian yang dilansir oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health mengungkapkan, berjalan pagi dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 19 persen! 

Baca Lainnya : Jalan Kaki Tak Lagi Menyehatkan Jika Lingkungan Terpapar Polusi Udara

Membantu turunkan berat badan

Berjalan kaki selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori, loh. Bayangkan jika kamu lakukan setiap hari secara rutin. Jika dikombinasikan dengan diet yang sehat dan tepat, bukan tak mungkin dalam waktu dekat berat badanmu bisa jadi lebih ideal. 

Membantu memperkuat otot

Berjalan ternyata bisa membantu memperkuat otot-otot di kaki. Untuk hasil terbaik, berjalanlah dengan kecepatan sedang hingga cepat. Cobalah untuk mengubah rutinitas di pagi dengan menaiki tangga, berjalan naik dan turun bukit, atau di treadmill. 

Baca Lainnya : Jangan Konsumsi Makanan Ini Sebelum Berolahraga Lari

Bonus: Membantu tidur lebih nyenyak 

Bagi sebagian orang, rasa lelah justru dapat menjadi penyebab susah tidur, loh. Apalagi di zaman gadget, orang bahkan rela begadang hanya untuk melihat layar handphone. Nah, dengan rutin jalan kaki setiap pagi, kualitas tidur malam cenderung akan lebih baik. Yuk, segera luangkan waktu untuk berjalan kaki di pagi hari. [Ayu/NN]

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Monica Chandra 22 Sep 2019 - 12:34

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          

Diet Detoks Hanya dengan Minum Jus Buah, Amankah?

Hernawan Nugroho   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: