Ingin Dapat Manfaat Sehat Tomat, Jangan Konsumsi Berbarengan dengan Daging

TrubusLife
Thomas Aquinus
22 Sep 2019   06:00 WIB

Komentar
Ingin Dapat Manfaat Sehat Tomat, Jangan Konsumsi Berbarengan dengan Daging

Spaghetti meatballs (The Spruce Eats)

Trubus.id -- Spaghetti adalah salah satu menu Italia yang terkenal selain pizza, termasuk kreasi spaghetti meatballs yang, rasanya semua orang pasti suka. Namun konon katanya menggabungkan konsumsi daging yang kaya zat besi justru dapat menghilangkan manfaat baik tomat pada saus spaghetti-nya. Well, sementara spaghetti tanpa meatballs seperti makan mie instan tanpa telur, ya. Kurang nikmat! 

Ya, menurut sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan dari Ohio State University, itu masalah khusus jika bicara tentang sifat melawan kanker pada tomat. 

Semuanya bermuara pada senyawa yang ditemukan secara alami dalam tomat yang disebut likopen - pigmen yang meminjamkan tomat warna merah. Kita selalu punya alasan untuk memakannya - termasuk memasukkan mereka ke dalam saus marinara yang gurih dan memasukkan beberapa bola daging alias bakso.

Baca Lainnya : Rasa Tomat Ternyata Lebih Enak 100 Tahun Lalu, Bisakah Rasanya Kembali?

Para ilmuwan, mengatakan bakso itu kaya akan zat besi - dan zat besi menetralkan manfaat likopen.

Untuk percobaan mereka, tim Negara Bagian Ohio memberikan sekelompok kecil mahasiswa kedokteran minuman berbahan dasar tomat. Beberapa dari minuman itu mengandung zat besi, sementara yang lain tidak.

Para peneliti kemudian mencatat bahwa siswa yang menggabungkan zat besi dengan minuman tomat memiliki likopen yang lebih sedikit dalam darah dan cairan pencernaan mereka.

Baca Lainnya : Konsumsi Tomat Secara Rutin Mampu Cegah Dua Penyakit Mematikan

"Ketika orang-orang makan zat besi dengan makanan mereka, kami melihat hampir dua kali lipat dalam penyerapan likopen dari waktu ke waktu," Rachel Kopec, penulis utama studi dan seorang profesor di Ohio State, mencatat dalam siaran pers.

Tentu saja, kita membutuhkan zat besi. Tubuh bergantung padanya dari simpanan energinya hingga pengelolaan limbah. Tetapi ia juga memiliki kebiasaan untuk menghilangkan senyawa bermanfaat lainnya dari tubuh.

"Kami tahu bahwa jika Anda mencampur zat besi dengan senyawa tertentu itu akan menghancurkan mereka, tetapi kami tidak tahu apakah itu akan merusak karoten yang berpotensi menguntungkan, seperti likopen, yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran," tambah Kopec.

Baca Lainnya : Rajin Makan Tomat Bisa Cegah Penuaan Dini 

Jadi, ini bisa memiliki implikasi potensial setiap kali seseorang mengonsumsi sesuatu yang kaya likopen dan zat besi - katakanlah saus Bolognese, atau sereal yang diperkaya zat besi dengan minuman jus tomat. Anda mungkin hanya mendapatkan setengah likopen dari menu ini dibandingkan ini makan tanpa zat besi. 

Untungnya, ada cara lain untuk tetap dapat memperoleh manfaat melawan kanker. Brokoli, misalnya, adalah jenius dalam hal memberantas radikal bebas - atom-atom berbahaya yang merusak sel-sel sehat dan membuka pintu bagi segala macam penyakit.

So dinner isn't ruined. Enjoy your spaghetti and meatballs. Tapi, sebagai penyeimbang,  pastikan kamu menyisakan ruang untuk pencuci mulut. Dan pilihlah blueberry sebagai  dessert, karena ia juga punya manfaat untuk melawan kanker. Beres, kan? [Ayu/NN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

4 Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual

Health & Beauty   02 Juli 2020 - 17:38 WIB
Bagikan:          
Bagikan: