Perhatikan Kontak dengan Unggas Jika Tak Ingin Terpapar Salmonella

TrubusLife
Ayu Erning Setyowati | Followers 0
21 Sep 2019   18:00

Komentar
Perhatikan Kontak dengan Unggas Jika Tak Ingin Terpapar Salmonella

Ilustrasi kontak dengan unggas (Bit Less Horse)

Trubus.id -- Jika Trubus Mania seorang peternak ayam perkotaan atau pinggiran kota, atau sekadar hobi memelihara ayam, mungkin dapat mempertimbangkan kembali risiko-risiko di samping keuntungan. Kamu bisa saja bahkan memberi nama ayam, dan benar-benar sangat memperhatikannya. Tetapi apakah kamu juga memeluk dan mencium mereka seperti halnya kucing atau anjing?

Sejauh ini pada tahun 2019, ada 1.003 kasus di 49 negara yang terkait dengan keracunan salmonella dari kontak dengan ayam-ayam halaman belakang, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Dua orang telah meninggal karena infeksi dan 175 orang dirawat di rumah sakit.

Wabah salmonella dapat ditelusuri kembali ke anak ayam, bebek dan unggas lainnya dari beberapa tempat penetasan di beberapa negara bagian. Orang-orang yang mendapatkan daging unggas yang memulai kehidupan di tempat penetasan ini menjadi sakit setelah kontak dekat dengan unggas-unggas itu. Namun, CDC mencatat, semua unggas hidup dapat membawa bakteri salmonella, terlepas dari di mana mereka dibeli dan bahkan jika mereka terlihat sehat dan bersih.

Baca Lainnya : Binatang Liar pun Membutuhkan Rumah Sakit, Caranya?

Tentu saja, tidak semua yang sakit pasti mencium ayam mereka. Kontak manusia dengan unggas yang terinfeksi dapat menyebabkan penyakit. Begini penjelasan CDC: 

  • Orang-orang dapat terinfeksi Salmonella ketika mereka meletakkan tangan atau peralatan mereka yang telah bersentuhan dengan unggas, di dalam atau di sekitar mulut mereka. Anak-anak di bawah 5 tahun lebih cenderung sakit karena sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang, dan mereka lebih cenderung untuk memasukkan jari-jari mereka dan benda-benda lain ke dalam mulutnya.
  • Orang juga bisa sakit tanpa benar-benar menyentuh unggas. Kuman di tangan kita dapat menyebar dengan mudah ke orang lain atau permukaan. Itulah sebabnya penting untuk segera mencuci tangan dengan sabun dan air setelah menyentuh unggas atau apa pun di daerah tempat mereka tinggal dan berkeliaran.

Untuk meminimalkan risiko keracunan salmonella dari unggas hidup, CDC merekomendasikan selalu mengasumsikan bahwa kontaminasi dapat terjadi dan merekomendasikan yang berikut:

  • Setelah menyentuh unggas hidup atau daerah di mana mereka pernah singgah, cuci tanganmu dengan sabun dan air. Jika tidak ada, gunakan pembersih tangan.
  • Jangan biarkan anak di bawah usia 5 tahun menyentuh unggas hidup tanpa pengawasan orang dewasa.
  • Jika kamu memiliki pakaian dan sepatu yang kotor karena berada di sekitar unggas, cuci tangan setelah dilepas.
  • Masak telur yang telah dikumpulkan dari ayam halaman belakang secara menyeluruh karena salmonella dapat lolos ke telur bagian dalam.
  • Bersihkan peralatan dan bahan yang terkait dengan unggas.
  • Jangan membawa unggas hidup ke dalam rumah.
  • CDC secara khusus menunjukkan, "Jangan mencium atau kontak terlalu dekat dengan unggas di halaman belakang, atau meringkuknya dan kemudian menyentuh wajah atau mulut Anda."

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Monica Chandra 22 Sep 2019 - 12:47

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Makanan Kucing Paling Bagus untuk Menyehatkan Bulu

Hernawan Nugroho   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: