Ilmuwan Rancang Ikan Robot untuk Kendalikan Ikan Cere Sebagai Spesies Invasif

Thomas Aquinus
21 Sep 2019   08:00 WIB

Ilmuwan Rancang Ikan Robot untuk Kendalikan Ikan Cere Sebagai Spesies Invasif

robotic fish ( (Global Spec)

Trubus.id -- Spesies invasif telah menjadi tantangan lingkungan yang berkembang, menyebabkan kerusakan serius pada ekosistem. Sebuah tim interdisipliner dari New York University (NYU) dan University of Western Australia memanfaatkan ikan robot untuk mengekang efek merusak dari spesies invasif dengan menakuti penyerang sehingga mereka bereproduksi lebih sedikit.

Untuk penelitian ini, spesies invasif yang dimaksud adalah mosquitofish alias ikan cere (Gambusia affinis). Dampak lingkungan yang sangat besar yang telah dilepaskan oleh ikan cere ini telah membuat Serikat Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) memasukkan mereka ke dalam 100 spesies eksotis invasif paling berbahaya di dunia, meski mereka juga berguna menekan penyebaran nyamuk.

Apa yang membuat ikan pembasmi nyamuk ini menjadi spesies invasif yang sukses? Pertama, di lingkungan baru mereka, mereka tidak lagi bersaing dengan predator utama mereka, ikan kakap hitam. Ini memungkinkan populasi ikan cere berkembang. Kedua, ikan cere memiliki variabilitas genetik yang tinggi, memungkinkan mereka untuk menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan cepat. Mereka menyebar secara eksponensial ke seluruh lingkungan baru mereka, sering kali menggusur fauna lokal dengan bersaing untuk mendapatkan makanan yang sama atau bahkan memangsa mereka.

Baca Lainnya : Ikan Guppy Trinidad Jantan Menemukan Makanan Berkat Keberadaan Betina

Untuk mengatasi tantangan ikan cere invasif ini, ketua peneliti, Maurizio Porfiri, dari NYU's Tandon School of Engineering, bersama dengan tim kolaborator, telah melakukan eksperimen biomimikri di laboratorium menggunakan ikan robot yang diilhami secara biologis. Ikan robot bertindak sebagai predator, mensimulasikan ikan kakap hitam, untuk memancing respons stres ikan cere. Menekan ikan invasif ini menghabiskan cadangan energi mereka dan, pada gilirannya, mengganggu tingkat reproduksinya.

"Sejauh pengetahuan kami, ini adalah studi pertama yang menggunakan robot untuk membangkitkan respon rasa takut pada spesies invasif ini," Porfiri menjelaskan. "Hasilnya menunjukkan bahwa ikan robot yang meniru pola renang dan penampilan visual dari kakap hitam ini memiliki dampak kuat dan tahan lama pada ikan cere di lingkungan laboratorium."

Baca Lainnya : Upaya Penyelamatan Berhasil, Ikan Ini Dikeluarkan dari Daftar Spesies Terancam Punah

Porfiri tidak asing dengan robotika biomimetik. Selama lebih dari satu dekade, Porfiri telah merancang dan menggunakan ikan robot, mempelajari interaksinya dengan ikan hidup untuk mendapatkan wawasan baru tentang perilaku hewan. Penelitian terbaru ini menggerakkan komunitas ilmiah lebih dekat ke arah menyadari potensi robot akuatik dalam membantu upaya perlindungan lingkungan.

"Studi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah efek ini diterjemahkan ke populasi liar, tetapi ini adalah demonstrasi nyata dari potensi robot untuk memecahkan masalah ikan cere," dikonfirmasi Giovanni Polverino, Forrest Fellow di Departemen Ilmu Biologi Departemen Australia Barat dan penulis utama makalah ini. “Kami memiliki lebih banyak pekerjaan untuk membangun alat baru yang efektif untuk memerangi penyebaran spesies invasif.” [Ayu/NN]