Studi Menunjukkan, Anjing Ras Minim Seleksi Artifisial Berperilaku Lebih Seperti Serigala

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
20 Sep 2019   21:00

Komentar
Studi Menunjukkan, Anjing Ras Minim Seleksi Artifisial Berperilaku Lebih Seperti Serigala

Ilustrasi. (Istimewa)

Trubus.id -- Sebuah tim peneliti dari University of Pisa dan University of Milan telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa ras anjing dengan sejarah seleksi artifisial yang panjang kurang seperti serigala dalam perilaku mereka daripada ras dengan seleksi artifisial yang lebih sedikit. 

Dalam makalah mereka yang diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science, kelompok ini menggambarkan eksperimen perilaku yang mereka lakukan dengan tiga ras anjing dan apa yang mereka temukan.

Beberapa ras anjing lebih mirip serigala daripada lainnya. Mereka yang lebih seperti serigala lebih mandiri dan lebih bersedia untuk menyelesaikan masalah sendiri, daripada mencari majikan mereka. Dalam upaya baru ini, para peneliti telah menemukan kasus ini dengan tiga ras anjing: anjing serigala Cekoslowakia, Labrador dan gembala Jerman. Serigala-anjing memiliki lebih sedikit seleksi buatan di pohon keluarga mereka daripada gembala Jerman, dan Labrador memiliki sebagian besar dari tiga ras.

Baca Lainnya : Punya Gen Serigala, Anjing Tibetan Mastiff Kuat Bertahan Hidup di Dataran Tinggi Tipis Oksigen

Untuk menentukan perbedaan perilaku antara ras, para peneliti meminta bantuan dari 56 sukarelawan anjing. Masing-masing dilatih untuk memberi tip makanan penutup. Mereka yang lulus tes (77 persen dari mereka) pindah ke tahap berikutnya. 

Pada bagian kedua percobaan, para peneliti memasang tutupnya ke tanah, sehingga anjing tidak mungkin membalikkannya dan memakan makanan. Ini dilakukan untuk melihat seberapa banyak anjing akan berpaling kepada manusia untuk memecahkan masalah bagi mereka. Ini diukur dengan menghitung berapa lama masing-masing anjing menatap mata manusia yang melakukan percobaan.

Baca Lainnya : Study: Stres Tinggi Tak Hanya Buruk untuk Manusia, Tapi Juga Anjing Anda

Untuk mengurangi kemungkinan faktor-faktor lain yang memengaruhi hasil, anjing-anjing itu semua diuji di tempat di mana mereka biasanya tinggal. Juga, mereka pada awalnya dipilih untuk penelitian karena kesamaan dalam pengasuhan. Tidak ada yang dilatih sebagai anjing domba, misalnya, yang melibatkan banyak kontak mata antara pelatih dan anjing.

Para peneliti melaporkan bahwa ada perbedaan yang jelas dalam berapa lama ras memandang manusia - anjing serigala Cekoslowakia menatap jumlah waktu terpendek (kurang dari satu detik) dan Labrador menatap paling lama (4,5 detik). 

Para peneliti mencatat bahwa semua anjing menghabiskan banyak waktu untuk mencoba memecahkan masalah sendiri, kebanyakan dengan melihat sampulnya dan mengendusnya. Para peneliti mengklaim hasil mereka menunjukkan bahwa ras anjing dengan seleksi buatan lebih sedikit memiliki perilaku seperti serigala lebih daripada jenis lainnya. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 21 Sep 2019 - 10:34

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kun

Artikel Terkait

Makanan Kucing Paling Bagus untuk Menyehatkan Bulu

Hernawan Nugroho   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: