Bukan Disebabkan Jarang Keramas, Ini Dia Fakta Tentang Penyebab Ketombe

TrubusLife
Hernawan Nugroho | Followers 0
19 Sep 2019   12:00

Komentar
Bukan Disebabkan Jarang Keramas, Ini Dia Fakta Tentang Penyebab Ketombe

Ketombe harus diatasi supaya tidak mengganggu pertumbuhan rambut yang berakhir dengan kebotakan (shutterstock)

Trubus.id -- Ketombe, akibat gangguan ini, kulit kepala menjadi merah, muncul serpihan putih, dan gatal pada kulit kepala. Munculnya ketombe ini bisa terjadi ketika pengelupasan kulit kepala tidak maksimal yang mengakibatkan sel-sel kulit mati menumpuk di kulit kepala dan menjadi serpihan putih yang gatal.

Dr Jebra Jaliman, dermatologis dari New York University mengatakan kepada HealthToday, ketombe yang bisa dialami siapa saja ini tidak dipengaruhi oleh jarang atau seringnya kita keramas.

Penyebab seseorang mengalami ketombe bisa diakibatkan oleh faktor genetik, jenis kulit kepala, maupun lingkungan, Trubus Mania. Ketombe di kulit kepala muncul dari adanya jamur yang disebut Malassezia globosa yang mendapat makanan dari kulit kepala berminyak.

Baca Lainnya : Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dengan Garam, Coba Yuk!

Jamur ini akan mendapatkan makanan dari minyak yang ada di kulit kepala menggunakan enzim yang dihasilkan oleh asam oleic dan meresap ke kulit kepala sehingga menyebabkan kulit merah.

Jadi, bisa dikatakan kalau penyebab ketombe berasal dari kulit kering, terlalu banyak atau terlalu sedikit minyak, maupun frekuensi mandi. Meskipun ada beberapa kemungkinan penyebab ketombe, namun peneliti belum bisa menentukan dengan pasti apa penyebab ketombe.

Peneliti mempercayai munculnya ketombe dipicu oleh respon imun yang abnormal dari jamur yang biasanya tidak disadari, yaitu pityrosporum.

Ketombe di Kulit Kepala Harus Diatasi. Penyebab pasti munculnya ketombe belum diketahui, maka obat yang benar-benar ampuh untuk menghilangkan ketombe juga belum ditemukan, teman-teman.

Namun ketombe yang ada di kulit kepala harus dibersihkan, karena jika dibiarkan menumpuk terlalu lama, hal ini bisa memengaruhi pertumbuhan rambut. Ketombe atau sel kulit mati yang menumpuk bisa menghambat folikel rambut dan mencegah tumbuhnya rambut baru dan jika dibiarkan dalam jangka panjang, bisa menyebabkan kebotakan.

Baca Lainnya : Coba Yuk, 3 Ramuan Lemon untuk Ketombe

Nah, ada beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan untuk mengurangi atau membersihkan ketombe di kepala. Bisa dengan memilih sampo khusus untuk mengurangi ketombe, yaitu sampo dengan kandungan zinc, sulfur, atau asam salisilat.

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah keramas lebih sering dan membiarkan sampo selama sekitar lima menit sebelum dibilas. Menjaga kesehatan kulit kepala dengan rutin menyisir rambut juga perlu dilakukan untuk mengurangi ketombe.

Jika ketombe di kulit kepala sudah parah, maka sebaiknya kita memeriksakan diri ke dokter, karena bisa saja ketombe yang ada di kulit kepala merupakan kondisi yang lebih serius, seperti psoriasis.[NN]

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 19 Sep 2019 - 13:49

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          

Diet Detoks Hanya dengan Minum Jus Buah, Amankah?

Hernawan Nugroho   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: