Jangan Konsumsi Makanan Ini Sebelum Berolahraga Lari

TrubusLife
Hernawan Nugroho
19 Sep 2019   06:00 WIB

Komentar
Jangan Konsumsi Makanan Ini Sebelum Berolahraga Lari

Perhatikan asupan makanan sebelum melakukan aktivitas olahraga lari (health)

Trubus.id -- Trubus Mania disarankan untuk rutin berolahraga. Hal tersebut karena olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenis olahraga yang mudah untuk Trubus Mania lakukan adalah lari. Menurut Health, walaupun mudah dilakukan, lari memiliki banyak manfaat seperti membuat kita jadi bahagia, menyehatkan tubuh, menajamkan fungsi otak, dan lain-lain.

Sebelum lari atau berolahraga biasanya kita disarankan makan untuk mengisi energi agar tidak mudah lemas. Namun, ternyata ada empat makanan yang sebaiknya tidak kita konsumsi sebelum olahraga lari. Nah, berikut ini adalah keempat jenis makanan yang akan membuat lari kamu jadi lambat.

Baca Lainnya : Khusus Pemula, Ikuti Tips Ini Agar Kamu Enggak Mudah Pegal Saat Lari

1. Makanan Tinggi Protein

Protein adalah sumber nutrisi untuk tubuh. Walau begitu, kandungan protein yang tinggi akan lebih sulit dicerna. Makanan tinggi protein seringkali tidak mengandung karbohidrat yang cukup. Padahal, karbohidrat berfungsi sebagai penyedia energi untuk tubuh.

Protein juga tidak mengasilkan energi yang cukup untuk tubuh beraktivitas. Jika kita memakan makanan tinggi protein sebelum lari, maka akan memberi dampak pada perut. Perut kita akan bekerja keras untuk mencerna protein tersebut saat berlari. Bukan berarti kita tak boleh memakannya. Hanya saja kita perlu menghindarinya sebelum lari, atau setidaknya mengkonsumsi makanan tersebut 1,5-2 jam sebelum lari.

2. Buah, Sayuran, dan Kacang

Makanan-makanan jenis ini memiliki nutrisi tinggi dan kaya serat, namun lebih lama untuk dicerna. Sehingga jika kita memakannya sebelum lari, tubuh kita perlu kerja ekstra karena masih harus mencernanya.

Salah satu dampak yang sering dirasakan, adalah meningkatnya risiko keram dan rasa tidak nyaman di perut. Hal itu akan berakibat pada kecepatan lari. Jika ingin mengonsumsinya, pilihlah buah dan sayuran dengan serat rendah. Seperti tomat, anggur, jeruk bali, dan lainnya.

Baca Lainnya : Jangan Sepelekan, Cek 5 Kesalahan Saat Berlari

3. Susu

Susu bukanlah pilihan yang tepat untuk dikonsumsi sebelum kita berolahraga. Karena, susu tidak memberikan kita lebih banyak energi bahkan membuat perut tegang jika dikonsumsi sebelum berolahraga atau berlari.

Selain itu, susu bisa menguras energi karena susu membantu perlambatan penyerapan karbohidrat dalam tubuh. Meskipun bermanfaat bagi kesehatan, kita harus menghindari konsumsi susu sebelum berlari. Selain susu, produk olahan susu lainnya seperti keju dan mentega juga memerlambat kecepatan lari kita.

4. Makanan Tinggi Lemak

Makanan berlemak selalu nampak menarik. Namun, makanan itu bisa mengacaukan tubuh jika kita memakannya tepat sebelum berolahraga. Makanan yang kaya akan lemak akan membuat kita merasa kenyang, tak nyaman dan lamban karena lemak tak mudah diubah menjadi energi, seperti protein. Jauhi makanan berlemak sebelum berlari, seperti burger, daging, gorengan, dan lainnya. [NN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: