Ilmuwan Temukan Spesies Burung Tertua di dunia di Waipara, Selandia Baru

Syahroni | Followers 0
18 Sep 2019   20:30

Ilmuwan Temukan Spesies Burung Tertua di dunia di Waipara, Selandia Baru

Fosil 'Protodontopteryx' menunjukkan proyeksi kurus seperti gigi pada paruh burung. (Doc/ Museum Canterbury.)

Trubus.id -- Nenek moyang dari beberapa burung terbang terbesar yang pernah menghuni bumi ditemukan di Waipara, Canterbury Utara. Burung bergigi bertulang (Pelagornithids), keluarga purba burung pelaut besar, diperkirakan telah berevolusi di Belahan Bumi Utara — tetapi teori itu dikalahkan oleh penemuan anggota tertua, tetapi anggota terkecil keluarga di Selandia Baru.

Pada usia 62 juta tahun, Protodontopteryx ruthae yang baru ditemukan, adalah salah satu spesies burung tertua yang bernama di dunia. Ia hidup di Selandia Baru segera setelah dinosaurus mati.

Sementara keturunannya adalah beberapa burung terbang terbesar yang pernah ada, dengan rentang sayap lebih dari 5 meter, Protodontopteryx ruthae hanya seukuran burung camar biasa. Seperti anggota keluarganya yang lain, burung laut itu memiliki tonjolan-tonjolan seperti tulang di ujung paruhnya. Fosil burung laut diidentifikasi oleh tim yang sama yang baru-baru ini mengumumkan penemuan seekor penguin raksasa setinggi 1,6 meter dari situs yang sama.

Ahli paleontologi Amatir, Leigh Love menemukan kerangka Protodontopteryx parsial tahun lalu di situs fosil Waipara Greensand. Burung itu diberi nama Protodontopteryx ruthae merujuk nama istri Love, Ruth. Love ingin berterima kasih padanya karena mentolerir hasratnya akan paleontologi selama puluhan tahun.

Rekan amatirnya, Alan Mannering menyiapkan tulang-tulang itu, dan sebuah tim yang terdiri dari Love, Mannering, Kurator Museum Canterbury, Dr. Paul Scofield dan Dr. Vanesa De Pietri dan Dr. Gerald Mayr dari Senckenberg Research Institute dan Museum Sejarah Alam di Frankfurt, Jerman, menggambarkan Protodontopteryx. Scofield mengatakan usia fosil tulang menunjukkan pelagornithid berevolusi di belahan bumi selatan.

"Walaupun burung ini relatif kecil, dampak penemuannya sangat signifikan dalam pemahaman kita tentang keluarga ini. Sampai kita menemukan kerangka ini, semua pelagornithid yang sangat tua telah ditemukan di Belahan Bumi Utara, jadi semua orang berpikir mereka telah berevolusi sana." ujarnya dilansir dari phsy.org

"Selandia Baru adalah tempat yang sangat berbeda ketika Protodontoperyx berada di langit. Itu memiliki iklim tropis — suhu laut sekitar 25 derajat sehingga kami memiliki karang dan kura-kura raksasa," tambahnya.

Dr. Mayr mengatakan, penemuan Protodontopteryx benar-benar menakjubkan dan tidak terduga. Tidak hanya fosil itu salah satu spesimen burung pseudotoothed yang paling lengkap, tetapi juga menunjukkan sejumlah fitur kerangka tak terduga yang berkontribusi pada pemahaman evolusi yang lebih baik.

Spesies pelagornithid kemudian berevolusi hingga melayang di atas samudra dengan beberapa spesies berukuran hingga 6,4 meter bentangan sayapnya.

Kerangka Protodontopteryx menunjukkan bahwa mahluk itu kurang cocok untuk melonjak jarak jauh daripada pelagornithid kemudian dan mungkin mencakup rentang yang jauh lebih pendek. Pseudoteetnya yang pendek dan lebar kemungkinan dirancang untuk menangkap ikan. Spesies kemudian memiliki pseudoteeth seperti jarum yang mungkin digunakan untuk menangkap mangsa bertubuh lunak seperti cumi-cumi.

De Pietri mengatakan, "karena Protodontopteryx kurang beradaptasi untuk melonjak secara berkelanjutan daripada pelagornithid yang dikenal lainnya, kita sekarang dapat mengatakan bahwa pseudoteet berevolusi sebelum burung-burung ini menjadi glider yang sangat terspesialisasi."

Spesies pelagornithid terakhir mati sekitar 2,5 juta tahun yang lalu, tepat sebelum manusia modern berevolusi.

Situs Waipara Greensand di mana kerangka Protodontopteryx ditemukan telah menghasilkan beberapa penemuan ilmiah penting dalam beberapa tahun terakhir, termasuk penguin kuno dan fosil burung tropic tertua di dunia. Beberapa penemuan ini, termasuk fosil Protodontopteryx, akan ditampilkan dalam sebuah pameran tentang Selandia Baru kuno di Museum akhir tahun ini.

Penelitian ini didanai oleh Royal Society of New Zealand Marsden Fund dan diterbitkan hari ini di jurnal Papers in Palaeontology. [RN]