Ular Python 'Sakti', Diselamatkan dari Para Peziarah di Tanzania

TrubusLife
Syahroni
18 Sep 2019   18:30 WIB

Komentar
Ular Python 'Sakti', Diselamatkan dari Para Peziarah di Tanzania

Ular phyton raksasa yang dipercaya warga Tanzania memiliki kekuatan gaib. (Doc/ BBC)

Trubus.id -- Pihak berwenang di Tanzania telah menyelamatkan seekor ular phyton atau sanca raksasa dari hutan setelah dikerumuni oleh para peziarah yang percaya bahwa ular tersebut memiliki kekuatan gaib.

Orang-orang mulai berbondong-bondong ke hutan Kasala di barat laut negara tersebut ketika ular yang diperkirakan memiliki panjang setidaknya 3 meter, terlihat dua minggu lalu. Mereka datang untuk memberikan persembahan hewan hidup dengan keyakinan bahwa jika ular itu memakannya, ia akan memenuhi keinginan mereka. Ular tersebut biasanya langsung melilit tubuh mansanya hingga mati lemas sebelum menelannya utuh.

Beberapa peziarah memberikan persembahan berupa kambing kepada sanca tersebut sambil meminta bantuannya untuk menyembuhkan penyakit dan membersihkan roh jahat. Warga setempat mengatakan kepada BBC bahwa ini adalah praktik umum di daerah penambangan takhayul seperti provinsi Geita barat laut. Mereka menyangkal itu adalah bentuk sihir dan menyebutnya sebagai salah satu cara mereka beribadah.

Issa Kawandiba, yang memimpin kelompok dari desanya ke hutan, mengatakan kepada BBC bahwa mereka mencari berkah sanca untuk hujan yang baik. Sanca dikabarkan telah menolak persembahan seekor kambing tetapi menelan persembahan darah kambing, jadi dia berharap mereka akan menerima keinginan mereka.

Selama perjalanan ke hutan, ia mengatakan mereka telah melihat kebaktian gereja dilakukan di bawah pohon di hadapan ular. Yang lain terlihat merayap dari dekat ular raksasa untuk mengambil foto itu dengan telepon mereka.

Namun Kementerian Sumber Daya Alam dan Pariwisata kemudian turun tangan setelah semakin khawatir dengan banyaknya orang yang melakukan perjalanan untuk melihat ular itu. Ia telah mengorganisir agar ular tersebut dipindahkan ke kawasan konservasi di desa tetangga untuk memastikan keamanannya - dan para penyembahnya. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bawang Merah dan Daun Bawang Manakah yang Lebih Sehat

Health & Beauty   29 Jan 2021 - 09:39 WIB
Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Pet & Animal   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: