Jangan Salah, Ini Jenis Olahraga yang Tepat Sesuai Usia

TrubusLife
Ayu Erning Setyowati | Followers 0
17 Sep 2019   10:30

Komentar
Jangan Salah, Ini Jenis Olahraga yang Tepat Sesuai Usia

Ilustrasu latihan kardio (YouTube)

Trubus.id -- Pada tiap rentang usia, kemampuan tubuh tentu berbeda. Seseorang dengan usia 20-an tentu memiliki kemampuan berbeda dengan seseorang berusia 40-an. Sehingga pemilihan jenis olahraga dan intensitas yang sesuai bisa membantu menjaga kebugaran tubuh. 

Dikutip dari laman Glitzmedia, berikut adalah jenis olahraga yang relatif aman dilakukan sesuai dengan usia.

Usia 20-an

Di usia 20-an tubuh masih memiliki metabolisme yang baik sehingga tak perlu membebani tubuh dengan begadang atau membiasakan pola makan yang tidak sehat. 

Mencoba latihan kardio (untuk melatih sistem darah) adalah hal yang tepat, terlebih jika dipadukan dengan latihan lain seperti angkat beban untuk mengencangkan otot. 

Baca Lainnya : Jangan Tunda Lagi, Ini Sebabnya Olahraga Baik untuk Otak

Dalam satu harim seseorang berusia 20-an disarankan melakukan angkat beban diikuti dengan latihan kardio, masing-masing selama 30 menit, tiga kali dalam seminggu. 

Angkat beban sangat baik dilakukan untuk menjaga kebugaran dan mencegah osteoporosis. Bersepeda, lari, pound, dan berenang adalah beberapa jenis latihan kardio yang bisa dilakukan. Selain latihan kardio dan angkat beban, yoga juga dapat dilakukan oleh mereka yang berusia 20-an. Tak hanya membantu melatih otot dan fleksibilitas tubuh, yoga juga dapat membantu menekan stres. 

Usia 30-an

Metabolisme tubuh biasanya mulai menurun pada usia 30-ansehingga berat badan mudah naik dan otot semakin melemah. Saat memasuki usia 30 tahun, kita disarankan melakukan satu jam circuit training (melakukan beberapa latihan fitness secara serentak), 4 kali dalam seminggu dan 45 – 60 menit latihan kardio. 

Baca Lainnya : Cara Tepat Pulihkan Kondisi Tubuh Setelah Berolahraga dengan Keras

Olahraga yang cocok untuk rentang usia ini diantaranya angkat beban dua sampai tiga set dengan fokus pada bagian dada, kaki serta pundak. Angkat beban bisa membangun kembali otot-otot yang sebelumnya melemah. 

Lakukan dengan intensitas pengulangan yang jarang jika menggunakan beban berat. Namun jika beban berbobot ringan, lakukan dengan pengulangan yang sering. 

Bagi ibu yang baru saja melahirkan dapat mencoba pilates untuk membantu mengembalikan berat badan dan menjaga postur tubuh. Atau bisa mencoba zumba sebagai pilihan berolahraga sambil menghilangkan stres dan menambah semangat. 

Usia 40-an

Memasuki usia 40-an, metabolisme semakin melambat seiring bertambahnya massa otot dan lemak tubuh. Latihan kardio selama satu jam, tiga hari dalam seminggu dan 45 menit angkat beban, empat kali dalam seminggu, sangat disarankan.  

Baca Lainnya : Punya Gen Obesitas? 6 Jenis Olahraga Ini Bantu Turunkan Berat Badan

Dibanding dengan usia 20-an dan 30-an, waktu latihannya memang lebih banyak, namun intensitas dalam melakukannya tidak secepat dan sebanyak usia tersebut. 

Latihan angkat beban penting untuk menjaga berat badan. Meski begitu, pada usia ini Trubus Mania lebih disarankan untuk  melatih ketahanan (pelatihan untuk meningkatkan kekuatan fisik). Utamakan push-up, plank, angkat beban, dan ikuti kelas pilates. Latihan ketahanan juga berfungsi untuk menghambat penuaan sekaligus menjaga stamina otak. 

Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan pola makan dan pola hidup sehat untuk hasil lebih maksimal, ya. [Ayu/NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Diet Detoks Hanya dengan Minum Jus Buah, Amankah?

Hernawan Nugroho   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: