Tak Hanya Cantik, Warna-warna Bunglon Juga Kompleks

TrubusLife
Ayu Erning Setyowati | Followers 0
16 Sep 2019   21:00

Komentar
Tak Hanya Cantik, Warna-warna Bunglon Juga Kompleks

Bunglon (Reptiles Magazine)

Trubus.id -- Bunglon dikenal karena kemampuannya mengubah warna. Tapi yang menakjubkan, apa yang kita lihat bukanlah perubahan dalam pigmen. Apa yang sebenarnya terjadi adalah perubahan jutaan kristal garam mikroskopis tepat di bawah kulit bunglon. Kristal fotonik ini memiliki kaki di atas warna biasa karena mereka dapat memainkan lebih dari satu nada. Tergantung pada bagaimana mereka diatur, ukurannya dan sifat kimianya, kristal-kristal ini dapat menyebarkan cahaya dengan berbagai cara.

Mengutip Mother Nature Network, ketika cahaya mengenai kristal, beberapa panjang gelombang diserap dan beberapa dipantulkan. Hasilnya, bagi mata kita, adalah pelangi warna yang indah pada kulit bunglon. Tapi yang sebenarnya kita lihat adalah cahaya yang memantul dari kristal-kristal kecil tersebut. 

Faktanya, kristal-kristal itu telah menginspirasi terobosan baru biomimikri. Para ilmuwan di Universitas Emory telah menciptakan kulit pintar yang berubah warna ketika terkena matahari tetapi tidak juga harus berubah ukurannya.

Baca Lainnya : Spesies Kadal Terancam Punah Ini Diberi Pulau Tropis Baru untuk Berkembang Biak 

"Para ilmuwan di bidang kristal fotonik telah bekerja sejak lama untuk mencoba membuat kulit pintar yang berubah warna untuk berbagai aplikasi potensial, seperti kamuflase, penginderaan kimia, dan label anti-pemalsuan," Khalid Salaita, seorang profesor Emory kimia, mengatakan dalam sebuah kisah Universitas Emory tentang terobosan. "Sementara pekerjaan kami masih dalam tahap mendasar, kami telah menetapkan prinsip-prinsip untuk pendekatan baru untuk mengeksplorasi dan membangun."

Baca Lainnya : Ilmuan Berharap, Peta Baru Genom Komodo Bisa Digunakan untuk Melestarikan Kadal Lainnya

Dia dan mahasiswa doktoral, Yixiao Dong, meningkatkan upaya sebelumnya untuk menciptakan kulit pintar di lab. Mereka menciptakan hidrogel dengan dua lapisan, yang merupakan gambaran bagaimana kulit bunglon terstruktur, dan struktur itu memberi mereka fleksibilitas yang mereka butuhkan untuk menciptakan kulit pintar yang bisa mengakomodasi regangan (atau SASS), yang berubah warna tetapi tetap mempertahankan ukuran yang hampir konstan.

"Kami telah menyediakan kerangka kerja umum untuk memandu desain masa depan kulit pintar buatan," kata Dong. "Masih ada jalan panjang untuk aplikasi kehidupan nyata, tetapi menarik untuk mendorong bidang ini selangkah lebih maju."

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Makanan Kucing Paling Bagus untuk Menyehatkan Bulu

Hernawan Nugroho   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: