Ikan Guppy Trinidad Jantan Menemukan Makanan Berkat Keberadaan Betina

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
15 Sep 2019   21:00

Komentar
Ikan Guppy Trinidad Jantan Menemukan Makanan Berkat Keberadaan Betina

Trinidad guppy (Poecilia reticulata). (Doc/ Lysanne Snijders)

Trubus.id -- Untuk jantan ikan guppy Trinidad berlaku: jika Anda lapar, cari lah betina. Yah, sebuah studi baru-baru ini yang dipimpin oleh para ilmuwan dari Institut Leibniz-Ekologi Air Tawar dan Perikanan Darat (IGB) dan Institut Leibniz untuk Penelitian Kebun Binatang dan Satwa Liar (IZW), memberikan bukti bahwa ikan guppy jantan di hadapan betina lebih banyak sering berakhir di tambalan makanan baru. Sebaliknya, penemuan makanan betina tidak tergantung pada kehadiran jantan.

Ikan guppy Trinidad (Poecilia reticulata) hidup di aliran air kecil di hutan hujan Trinidad. Mereka lebih suka sumber daya makanan sporadis berkualitas tinggi, seperti buah-buahan dan serangga yang jatuh ke dalam air — jadi biasanya tidak pasti kapan dan di mana mereka bertemu makanan. 

Dalam studi ini, ahli ekologi perilaku, Lysanne Snijders dan timnya membuat percobaan lapangan dan memanipulasi komposisi jenis kelamin guppy (semua jantan, semua betina atau campuran) di alam liar menggunakan guppy yang ditandai secara individual. Mereka melakukan pengamatan sosial, diikuti dengan uji coba mencari makan.

Jantan mencapai lebih banyak tambalan makanan ketika ada betina di sekitar. Namun, betina mencapai jumlah tambalan yang sama baik dengan atau tanpa jantan. Jantan juga menghabiskan lebih sedikit waktu sosial dengan tidak adanya betina, tetapi tidak adanya jantan tidak memiliki efek untuk betina. 

Para peneliti menganalisis jika waktu yang dihabiskan secara sosial ini terkait dengan keberhasilan penemuan tambalan. Memang, dalam perjanjian dengan penelitian sebelumnya, lebih banyak guppy sosial berakhir di lebih banyak tambalan makanan.

"Kehidupan dalam kelompok dapat menguntungkan. Anda harus berbagi makanan dengan rekan-rekan Anda, tetapi juga lebih mudah menemukannya jika Anda menggunakan informasi orang lain," jelas Lysanne Snijders. 

Guppies, misalnya, bereaksi terhadap perilaku khas pencari makanan yang sukses, yaitu: berenang lebih cepat, mengambil makanan, tinggal di sana dan makan.

Para peneliti hanya bisa menebak mengapa guppy jantan berperilaku berbeda dengan tidak adanya betina daripada dalam kelompok campuran seksual. 
"Dalam hal ini, jantan di antara mereka lebih cenderung berada dalam kondisi persaingan daripada kerja sama dan karenanya menghabiskan lebih sedikit waktu bersama dan kehilangan informasi penting," kata Lysanne Snijders.

Kepala penelitian, peneliti IGB, Prof. Jens Krause, sedang menyelidiki dinamika perilaku kawanan dan kecerdasan kolektif pada hewan. Dia menjelaskan pentingnya bidang penelitian ini.

"Jika kita dapat memahami interaksi hewan dalam suatu kelompok, kita dapat memperoleh informasi pengetahuan ini tentang penyebaran penyakit, reproduksi, dan hubungan predator-mangsa. Struktur jejaring sosial mungkin juga menjadi faktor penentu berkenaan dengan stabilitas populasi. Pengetahuan semacam itu dapat membantu pengelola satwa liar dan pelestari alam, misalnya, untuk mengoptimalkan manajemen penyakit, program pemuliaan, atau kegiatan reintroduksi." paparnya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Makanan Kucing Paling Bagus untuk Menyehatkan Bulu

Hernawan Nugroho   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: