Mikroba Membuat Bahan Kimia untuk Menandai Aroma pada Kucing

Syahroni | Followers 0
16 Sep 2019   06:00

Mikroba Membuat Bahan Kimia untuk Menandai Aroma pada Kucing

lustrasi. (CCO Public Domain)

Trubus.id -- Kucing domestik, seperti banyak mamalia lainnya, menggunakan cairan yang keluar dari kantung dubur untuk menandai wilayah dan berkomunikasi dengan hewan lain. Sebuah studi baru dari Genome Center di University of California, Davis menunjukkan bahwa banyak senyawa odiferous dari kucing jantan sebenarnya dibuat bukan oleh kucing, tetapi oleh komunitas bakteri yang hidup di kantung anal. Karya ilmiah ini sendiri telah diterbitkan 13 September lalu di jurnal PLOS ONE.

"Kucing menggunakan banyak bahan kimia yang mudah menguap untuk memberi sinyal, dan mereka mungkin tidak membuat semuanya," kata David Coil, ilmuwan proyek di Genome Center dan seorang penulis di koran.

Banyak spesies — termasuk kucing, anjing, beruang, panda, sigung, dan hyena — menggunakan sekresi kantung dubur sebagai bahasa kimia. Skunk, tentu saja, juga menggunakannya sebagai alat pertahanan.

Eksperimen tersebut tumbuh dari Proyek KittyBiome yang dimulai di Genome Center oleh Holly Ganz, seorang peneliti pascadoktoral yang bekerja dengan Coil dan Jonathan Eisen, profesor evolusi dan ekologi di UC Davis College of Biological Sciences. Proyek KittyBiome sejak itu telah dipisah sebagai AnimalBiome, sebuah perusahaan dengan Ganz sebagai CEO.

Para peneliti memperoleh sekresi kantung anal dari seekor kucing jantan Bengal yang secara sukarela berpartisipasi oleh pemiliknya. Mereka mengekstraksi DNA untuk pengurutan untuk mengidentifikasi jenis bakteri, dan juga mengambil sampel untuk analisis bau kimia di laboratorium Profesor Cristina Davis di Departemen Teknik Mekanik dan Luar Angkasa UC Davis.

Sequencing menunjukkan bahwa komunitas mikroba tidak sangat beragam dan didominasi oleh sejumlah kecil genera bakteri.

"Tidak ada banyak pemain di sana," kata Coil.

Menganalisa organik yang mudah menguap

Bakteri yang paling melimpah dari layar tumbuh dalam kultur. Mei Yamaguchi, seorang peneliti postdoctoral di lab Davis, menganalisis bahan kimia yang mudah menguap yang dikeluarkan oleh bakteri.

Laboratorium Davis berfokus pada teknologi untuk mendeteksi dan mengkarakterisasi kadar rendah senyawa organik yang mudah menguap yang dapat menjadi penanda kesehatan dan penyakit, dari influenza pada manusia hingga penghijauan jeruk di pohon buah-buahan.

Yamaguchi dan Davis mampu mendeteksi 67 senyawa volatil yang dilepaskan oleh kultur bakteri. Lima puluh dua senyawa ini juga ditemukan langsung di sekresi kantung dubur.

Hasil mendukung gagasan bahwa komunitas bakteri, bukan kucing itu sendiri, menghasilkan banyak aroma yang digunakan oleh kucing untuk berkomunikasi.

Coil dan rekannya ingin menindaklanjuti dengan melihat lebih banyak kucing. Jika aroma ini dibuat oleh bakteri, mengapa kucing memiliki bau yang berbeda satu sama lain? Bagaimana kucing mendapatkan bakteri dan apakah mereka berubah sepanjang hidup? Memahami bagaimana mikroba mempengaruhi aroma mereka dapat memiliki implikasi luas untuk memahami komunikasi aroma pada hewan.

Anda belum login, masuk atau mendaftar disini