Cara Membuat Pupuk Organik Cair Sendiri

TrubusLife
Marthin Saur
13 Sep 2019   21:30 WIB

Komentar
Cara Membuat Pupuk Organik Cair Sendiri

Pupuk Cair Farmpion (Trubus Shop)

Trubus.id -- Cara Membuat Pupuk Organik Cair SendiriPetani yang ingin menggunakan pupuk organik dapat membuat pupuk organik cair mereka sendiri di rumah. Para petani bisa menanamkan komponen pilihan mereka dalam air untuk beberapa hari untuk pembuatan pupuk hingga nutrisi di dalam bahan pokok larut dan siap digunakan.

Petani juga bisa memilih waktu sendiri untuk mengakhiri proses dalam waktu cepat atau lama dalam memanfaatkan pupuk buatan mereka. Bahkan, petani juga bisa memfermentasi komponen pupk jika mereka mau. Beberapa petani telah melaporkan keberhasilan besar dari fermentasi pupuk organik berbentuk cairan yang mereka olah sendiri. Berikut beberapa cara membuat pupuk organik yang bisa dilakukan di rumah:

Pupuk Organik Cair yang berasal dari Kulit pisang

Kulit pisang mungkin terdengar seperti sampah yang tidak berguna. Tapi pada kenyataannya, jika dimanfaatkan dengan baik maka kulit pisang bisa menjadi pupuk yang menguntungkan. Kulit pisang mengandung banyak kalium yang baik untuk tanaman.

Pupuk yang kaya akan kandungan kalium baik untuk tanaman bunga, maupun buah. Kandungan kalium dalam pupuk umumnya cocok untuk tanaman dedaunan seperti bayam dan selada. Pupuk ini juga cocok untuk tanaman berbuah seperti labu dan tomat. Menarik bukan?

Cara membuat pupuk organik cair dari kulit pisang cukup mudah. Yaitu dengan memasukkan kulit pisang ke dalam guci atau drum yang diisi air. Setelah itu, bagian atas guci atau drum itu ditutup dengan gabus. Usahakan jangan ada udara yang masuk, agar pupuk tidak terkontaminasi oleh debu dari luar. Tunggu tiga hari dan pupuk cair itu siap digunakan.

Membuat Pupuk dari Air Sisa Memasak Sayur

Cara membuat pupuk organik berbentuk cairan selanjutnya cukup mudah dan bahannya juga dapat ditemukan di rumah masing-masing. Terutama ketika selesai membuat sayur berbentuk rebus-rebusan.

Caranya adalah setelah sayuran telah masak dan diangkat, jangan buang air sisa merebus sayurannya. Biarkan dingin hingga mengental, kemudian diencerkan dengan air. Gunakan pupuk sisa rebusan pada tanaman rumah tangga dan di kebun organik.

Untuk menghindari bau busuk, jangan simpan pupuk organik cair ini sampai beberapa hari. Gunakan saja semuanya sekaligus. Pupuk sederhana ini mungkin terlihat sepele, tapi pupuk ini kaya akan vitamin yang dari sayur yang kehilangan vitaminnya selama proses memasak.

Membuat Pupuk dari Bahan Garam Epsom

Garam Epsom memiliki kandungan belerang dan magnesium dan bermanfaat untuk pertumbuhan sayuran. Cara membuatnya juga cukup mudah. Yakni dengan mencampurkan air dengan garam epsom di dalam sprayer. Semprotkan pupuk sederhana ini pada tumbuhan paprika, tomat, mawar, dan bawang secara rutin. Waktu penyemprotannya sekira 2 kali dalam sebulan untuk menjaga tanaman tetap segar.

Cara Membuat Teh kompos

Meskipun pupuk ini bernama teh kompos, tapi ini sama sekali tidak bisa diminum oleh manusia karena terbuat dari kompos. Jika Anda pernah menonton film Twilight episode pertama, kamu akan bisa melihat bagaimana bentuk teh kompos ketika kelas biologi berkunjung ke sebuah pertanian organik.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Kamu cukup memasukkan kompos ke dalam emper dan air kemudian di tutup. Pastikan ember tidak tertutup. Biarkan selama satu sampai dua hari, kemudian tuangkan air dalam ember yang berbeda.

Cara menggunakannya cukup mudah. Cairkan saja pupuk ke dalam air dengan rasio perbandingan 1:10 dan gunakan kepada tanaman.

Nah, itulah beberapa cara membuat pupuk organik cair sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapatkan. Dan tentunya, sangat berguna bagi tumbuhan Anda.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: