Langka, Ular Berkepala Dua Diselamatkan di New Jersey

TrubusLife
Thomas Aquinus
12 Sep 2019   07:30 WIB

Komentar
Langka, Ular Berkepala Dua Diselamatkan di New Jersey

Ular derik (Live Science)

Trubus.id -- Dua herpetolog di New Jersey - keduanya bernama Dave - telah menemukan ular berkepala dua yang langka, yang mereka beri nama Double-Dave.

Double-Dave adalah bayi ular derik, baru berusia beberapa minggu dengan panjang sekitar 9 inci (23 sentimeter), menurut ABC News. Ahli herpetologi, Dave Schneider dan Dave Burkett, yang bekerja dengan Herpetological Associates di Pemberton, New Jersey, menemukan makhluk itu beberapa minggu lalu ketika mengamati Pine Barrens di dekatnya - daerah berhutan lebat yang membentang di ujung selatan negara bagian itu.

Baca Lainnya : Mengenal Ular Weling yang Menewaskan Petugas Satpam

Dengan dua kepala independen dan satu tubuh bersama, hewan bicephalic seperti D-D jarang bertahan hingga dewasa di alam liar; keputusan sesederhana apakah akan bergerak ke kiri atau ke kanan, atau kepala mana yang akan harus makan duluan, tiba-tiba menjadi pertempuran yang mengejutkan, membuat hewan bicephalic khususnya rentan terhadap predator. Mengetahui hal ini, para Daves memutuskan untuk membawa ular muda itu kembali ke kantor mereka, di mana mereka telah memberi makan dan merawatnya selama beberapa minggu.

Sejauh ini, tampaknya, Double-Dave bergaul dengan dirinya sendiri di rumah barunya.

"Tampaknya kepala di sisi kanan lebih dominan," kata Schneider kepada ABC News. "Tapi sesekali, kepala yang lain ingin pergi ke arah yang berbeda."

Baca Lainnya : Jangan Lakukan Hal Gila, Begini Cara yang Benar Jika Digigit Ular Berbisa

Double-Dave tampak sehat, meskipun Schneider dan rekan-rekannya berharap untuk segera melakukan X-ray pada makhluk itu untuk mengetahui apakah ia memiliki sistem pencernaan yang sepenuhnya terbentuk.

Sementara contoh hidup hewan bicephalic seperti Double-Dave jarang terjadi, makhluk berkepala dua lahir lebih sering daripada yang kita kira. September lalu, ular berkepala dua ditemukan merayap di sekitar taman perumahan di Virginia; Sinar-X mengungkapkan bahwa makhluk itu memiliki dua trakea dan dua esophagi yang mengarah ke jantung bersama dan satu set paru-paru.

Sebelum itu, seekor rusa berkepala dua ditemukan mati di dusun Minnesota, dan lumba-lumba berkepala dua diangkut dari Laut Utara pada tahun 2017. Hewan-hewan bicephalic bahkan telah melintasi perbatasan ke ruang angkasa: Tahun lalu juga seekor cacing pipih - suatu spesies cacing yang dapat tumbuh kembali menjadi individu lengkap setelah dipotong-potong - tumbuh kepala kedua di pantatnya saat naik di Stasiun Luar Angkasa Internasional. [Ayu/NN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: