Perbanyak Paparan Sinar Matahari, Kunci Bugenvil Supaya Berbunga Rimbun

TrubusLife
Hernawan Nugroho
11 Sep 2019   12:30 WIB

Komentar
Perbanyak Paparan Sinar Matahari, Kunci Bugenvil Supaya Berbunga Rimbun

Si bunga kertas yang gemar berpanas-panas di bawah matahari terik (shutterstock)

Trubus.id -- Trubus Mania yang hobi tanaman hias dan bunga jelas tak asing dengan bugenvil (Bougainvillea), si tanaman bunga kertas nan indah. Namun, kadang bunga bugenvil yang enggan muncul. Ini membuat frustrasi, karena biasanya, dari luar tanamannya tak terlihat bermasalah, daun-daunnya masih tetap rimbun. Namun, itu bukan berarti serta-merta ada yang salah, ada cara tersendiri ‘memaksa’ bunga bugenvil tumbuh.

Adelia Anastasia pehobi tanaman hias di Depok, kepada Trubus.id mengatakan bahwa secara alami, bugenvil mempunyai jadwal penumbuhan daun dan bunga, yang diselingi masa istirahat. Pemiliknya perlu mengenali siklus ini untuk menentukan cara merangsang pembungaannya. Di musim hujan, bugenvil umumnya tak berbunga, namun lebih banyak daunnya yang tumbuh. Ketika musim hujan sudah berakhir, barulah kuncup-kuncup bunganya keluar, dan tak lama di setiap ujung cabang sudah dipenuhi bunga. Setelah masa berbunga ini selesai, tanaman bugenvil perlu ‘istirahat’ selama kurang lebih dua bulan sebelum berbunga lagi.

Baca Lainnya : Tips Menyelamatkan Bunga yang Layu dengan Kulit Pisang, Kopi dan Kulit Telur

Di balik penampilannya yang menarik dan ‘statusnya’ sebagai tanaman hias, bugenvil sesungguhnya memerlukan perawatan yang lebih mirip dengan untuk tanaman liar: cara merawat bunga bougenville tidak perlu terlalu ekstrim. Jika ingin bugenvil Trubus Mania berbunga lebat, inilah cara-caranya.

1. Paparan sinar matahari lebih banyak

Ini paling penting, semakin banyak sinar matahari maka bugenvil semakin tumbuh besar. Sangat dianjurkan meletakkan tanaman bugenvil Anda di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

2. Tanam di dalam wadah

Rahasia lainnya untuk tanaman bugenvil lekas berbunga adalah dengan menanamnya di wadah, seperti pot atau bak. Dengan teknik penanaman ini, pertumbuhan akarnya menjadi terbatas dan pemupukan lebih terkontrol. Jika ingin menanamnya di halaman, Trubus Mania bisa menanam wadah berisi tanaman di dalam tanah.

(Foto: FlowerWorld)

3. Mengurangi air siraman

Bugenvil memiliki cara bekerja yang mirip dengan kaktus, walau tak seekstrim kaktus. Jika terlalu banyak disiram, tanaman ini justru tumbuhnya menjadi tak sehat, karena habitat alami bugenvil di iklim yang panas. Karena itu, hanya perlu mengairi tanaman bugenvil jika jangkauan 5 cm dari pangkal batang tanaman kering.

Baca Lainnya : Ini Dia! Sejarah Tulip, Bunga Nasional Turki dan Belanda

4. Pemupukan dengan hati-hati

Jika menemukan daun bugenvil tumbuh lebat namun bunganya tak nampak, itu dikarenakan tanaman terlalu banyak diberi pupuk nitrogen. Jika ingin tanaman bugenvil Anda berbunga, fokus pada pemupukan dengan fosfat dan potasium, dan hanya tambahkan nitrogen jika warna hijau daun memudar.

5. Jangan pangkas berlebihan

Pemangkasan bugenvil bisa mengurangi pembungaan secara signifikan, terutama jika memangkas keseluruhan bagiannya. Direkomendasikan untuk hanya memangkas bugenvil setelah selesai berbunga. [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Penangkapan Ikan Besar-besaran Ganggu Rantai Makanan di Laut Bohai

Plant & Nature   14 Nov 2019 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan: