Temuan Baru Ilmuwan: Kopi Berpotensi Menjadi "Senjata Rahasia" Melawan Obesitas

TrubusLife
Hernawan Nugroho | Followers 0
10 Sep 2019   17:00

Komentar
Temuan Baru Ilmuwan: Kopi Berpotensi Menjadi

Penelitian terhadap khasiat kopi masih terus dilakukan para ahli (shutterstock)

Trubus.id -- Para ilmuwan dari Universitas Nottingham telah menemukan bahwa minum secangkir kopi dapat menstimulasi 'lemak coklat', pertahanan tubuh melawan lemak sendiri, yang bisa menjadi kunci untuk menanggulangi obesitas dan diabetes.

Studi awal, yang diterbitkan di jurnal Scientific Reports, adalah salah satu yang pertama kali dilakukan pada manusia untuk menemukan komponen yang dapat memiliki efek langsung pada fungsi 'lemak coklat', bagian penting dari tubuh manusia yang berperan penting. berperan dalam seberapa cepat kita dapat membakar kalori sebagai energi. Brown adipose tissue (BAT), juga dikenal sebagai lemak coklat, adalah salah satu dari dua jenis lemak yang ditemukan pada manusia dan mamalia lainnya.

Baca Lainnya : Kopi Hijau untuk Diet? Berikut Ini Manfaat dan Risikonya

Awalnya hanya dikaitkan dengan bayi dan mamalia yang berhibernasi, ditemukan dalam beberapa tahun terakhir bahwa orang dewasa dapat memiliki lemak cokelat juga. Fungsi utamanya adalah untuk menghasilkan panas tubuh dengan membakar kalori (berlawanan dengan lemak putih, yang merupakan hasil dari menyimpan kelebihan kalori). Orang dengan indeks massa tubuh yang lebih rendah (BMI) karena itu memiliki jumlah lemak coklat yang lebih tinggi.

Profesor Michael Symonds, dari School of Medicine di University of Nottingham yang turut memimpin penelitian ini mengatakan: "Lemak coklat bekerja dengan cara yang berbeda dengan lemak lain di tubuh dan menghasilkan panas dengan membakar gula dan lemak, seringkali sebagai respons terhadap dingin Meningkatkan aktivitasnya meningkatkan kontrol gula darah serta meningkatkan kadar lemak darah dan tambahan kalori yang dibakar membantu menurunkan berat badan.

"Ini adalah studi pertama pada manusia untuk menunjukkan bahwa sesuatu seperti secangkir kopi dapat memiliki efek langsung pada fungsi lemak coklat kita. Implikasi potensial dari hasil kami cukup besar, karena obesitas adalah masalah kesehatan utama bagi masyarakat dan kami juga memiliki epidemi diabetes yang berkembang dan lemak coklat berpotensi menjadi bagian dari solusi dalam menanggulanginya.

Baca Lainnya : Es Kopi dan Kopi Panas, Mana Lebih Sehat?

" Tim mulai dengan serangkaian studi sel induk untuk melihat apakah kafein akan merangsang lemak coklat. Setelah mereka menemukan dosis yang tepat, mereka kemudian pindah ke manusia untuk melihat apakah hasilnya sama. Tim menggunakan teknik pencitraan termal, yang sebelumnya mereka rintis, untuk melacak cadangan lemak coklat tubuh. Teknik non-invasif membantu tim menemukan lemak coklat dan menilai kapasitasnya untuk menghasilkan panas.

"Dari penelitian kami sebelumnya, kami tahu bahwa lemak coklat terutama terletak di daerah leher, jadi kami bisa membayangkan seseorang langsung setelah mereka minum untuk melihat apakah lemak coklat semakin panas," kata Profesor Symonds. "Hasilnya positif dan kita sekarang perlu memastikan bahwa kafein sebagai salah satu bahan dalam kopi bertindak sebagai stimulus atau jika ada komponen lain yang membantu aktivasi lemak coklat. Kami saat ini sedang mencari suplemen kafein untuk menguji apakah efeknya mirip.

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 10 Sep 2019 - 14:35

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Begini Cara Memanfaatkan Kopi untuk Kecantikan Wajah

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: