Teknologi Canggih, Kunci Keamanan Menu Berbahan Telur Mentah di Jepang

TrubusLife
Hernawan Nugroho | Followers 0
10 Sep 2019   15:30

Komentar
Teknologi Canggih, Kunci Keamanan Menu Berbahan Telur Mentah di Jepang

Telur mentah lazim dikonsumsi masyarakat Jepang sejak berabad silam (cuisine)

Trubus.id -- Banyak orang di berbagai belahan bumi ini yang suka mengonsumsi telur, begitu juga dengan orang Jepang. Mereka juga suka makan telur karena meyakini salah satu sumber makanan yang paling bernutrisi. Di dalamnya, ada banyak zat bergizi yang baik untuk tubuh.

Menurut berbagai penelitian ahli gizi,  telur sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan matang. Orang Jepang suka makan telur mentah, Trubus Mania. Bagaimana keamanan telur itu untuk kesehatan tubuh?

Menurut Cynthia Cass, ahli gizi dari University of South Carolina kepada, HealthToday, telur mentah memiliki banyak nutrisi, teman-teman. Telur mentah mengandung protein berkualitas tinggi, lemak baik, vitamin A, vitamin B, mineral, antioksidan yang baik untuk mata, fosfor, folat, kolin, dan yang lainnya. Kebanyakan nutrisi telur terkandung dalam bagian kuning telur sementara bagian putih telur lebih banyak mengandung protein.

Baca Lainnya : Perlu Diketahui, Ini Cara Paling Sehat Memasak Telur

Meskipun telur mengandung banyak gizi, kemungkinan nutrisi yang terserap di tubuh  dari telur mentah tidak sebesar telur yang sudah dimasak. Kemudian, telur mentah mungkin mengandung bakteri Salmonella, teman-teman. Bakteri ini memang lebih banyak ada di cangkang telur namun juga bisa ada di dalam cairan telur.

Lalu, bagaimana dengan telur mentah di Jepang? Informasi dalam laman Cuisine menyebutkan bahwa Di Jepang, banyak orang suka mengonsumsi semangkuk nasi dengan telur mentah dan kecap shoyu. Nantinya, telur dan soyu ini diaduk dengan nasi sehingga nasi jadi berwarna keemasan. Apa orang Jepang tidak khawatir bisa terkena infeksi bakteri Salmonella yang mungkin ada pada telur mentah? Rupanya, orang Jepang punya rahasia yang membuat makan telur mentah tetap aman.

Mesin canggih pemeriksa telur, meminimalisir potensi kontaminasi bakteri dalam telur (Foto: Cuisine)

Telur ayam diperiksa secara khusus untuk memastikan bahwa telur itu aman untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah. Mereka punya mesin canggih yang bisa mengatur proses pemeriksaan telur mulai dari pembersihan, pemeriksaan kualitas, mengelompokkan telur sesuai ukuran, sampai mengemasnya dalam karton.

Caranya adalah dengan telur ditata dengan menghadap arah yang sama. Telur ini ditata dengan bagian yang lebih runcing berada di bawah. Ini supaya bagian kuning telur tidak bersentuhan dengan cangkang yang lebih banyak mengandung bakteri Salmonella.

Baca Lainnya : Para Ahli: Lebih Baik Makan Telur Utuh daripada Kuning Atau Putihnya Saja

Setelahnya telur dicuci bersih dan disikat dengan 12 jenis sikat berbeda, kemudian dikeringkan. Kemudian masih ada proses pemeriksaan cangkang yang retak, kebersihan cangkang, dan memastikan tidak ada titik darah dalam telur dengan cahaya khusus. Kemudian proses berikutnya adalah penimbangan dan dikelompokkan sesuai ukuran dan pengemasan.

Mesin khusus di Jepang itu dirancang untuk memastikan tidak ada guncangan selama proses pemeriksaan telur. Jadi, telur tetap ditangani secara hati-hati. Canggihnya, mesin pemeriksa telur itu bisa memproses 120.000 telur dalam satu jam. Selain membantu membersihkan dan mengemas telur, mesin ini bisa memeriksa apakah telur aman atau tidak untuk dimakan dalam keadaan mentah. [NN]

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 10 Sep 2019 - 14:34

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Begini Cara Memanfaatkan Kopi untuk Kecantikan Wajah

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: