Tidur Tanpa Bantal? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

TrubusLife
Thomas Aquinus
09 Sep 2019   22:00 WIB

Komentar
Tidur Tanpa Bantal? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ilustrasi tidur tanpa bantal (Elder Life Planning)

Trubus.id -- Bagi sebagian orang, tidur dengan bantal mungkin dapat menimbulkan kenyamanan tersendiri, namun bagi sebagian yang lain bantal justru dapat menimbulkan sakit leher ketika bagun tidur. Begitu juga sebaliknya dengan tidur tanpa bantal. Namun tahukah kamu bahwa tidur tanpa bantal justru diyakini bisa jadi solusi bagi orang yang mengalami sakit leher dan masalah postur tubuh? 

Beberapa penelitian memang masih harus dilakukan untuk memastikan kebenaran tidur tanpa bantal untuk memperbaiki postur tubuh, namun setidaknya menurut Healthline, ada dua manfaat tidur tanpa bantal yang bisa dirasakan. Berikut ulasannya. 

Dapat Membantu Mencegah Sakit Leher 

Pada dasarnya, saat seseorang tidur menggunakan bantal, keinginan seperti memalingkan kepala ke kanan dan ke kiri memang tak bisa dihindari, yang dapat menyebabkan peregangan sendi leher dan otot membuat kepala kita sakit.

Baca Lainnya : Durasi Tidur yang Pas Dapat Turunkan Risiko Serangan Jantung

Sementara saat tidur tanpa bantal, leher akan tetap dalam posisi sejajar sepanjang malam. Cara ini dapat membuat tekanan pada otot leher terdistribusi secara merata sehingga bisa mengurangi sakit leher, kaku, hingga sakit kepala.

Membantu Memperbaiki Postur Tubuh 

Healthline mencatat bahwa tidur tanpa bantal dapat membantu memperbaiki postur tubuh. Seperti saat tidur dalam posisi tengkurap, meletakkan bantal di punggung mampu membuat tulang belakang menjadi lebih baik. 

Namun, ini tak sepenuhnya bisa mengimbangi posisi yang terhitung wajar, karena tulang belakang tidak bisa netral sebab sebagian besar berat badan tertumpu di tengah-tengah tubuh. Lebih baik letakkan bantal di bawah perut dan panggul, yang berguna untuk mengangkat bagian tengah tubuh dan mampu mengurangi tekanan pada tulang belakang, khususnya jika bantal tidak diletakkan di bawah kepala.

Baca Lainnya : Gagal Fokus Setelah Makan Siang? Coba Tidur Singkat Selama 15-20 Menit

Tidur tanpa bantal memang sangat sulit dilakukan jika tak terbiasa dan membutuhkan waktu serta proses agar terasa nyaman. Namun, mulailah dengan cara yang sederhana seperti mengurangi pemakaian bantal di kepala saat tidur.

Trubus Mania bisa mulai dengan meletakkan selimut yang dilipat, kemudian buka lipatan selimut secara berkala hingga akhirnya selimut dilepas dan sama sekali tidak mengganjal kepala yang membuat kesiapan tidur tanpa satu penopang pun di kepala.

Selamat mencoba! [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Penangkapan Ikan Besar-besaran Ganggu Rantai Makanan di Laut Bohai

Plant & Nature   14 Nov 2019 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan: