Heboh KKN di Desa Penari, Ini Sederet Manfaat Menonton dan Membaca Kisah Horor

TrubusLife
Thomas Aquinus | Followers 0
09 Sep 2019   20:00

Komentar
Heboh KKN di Desa Penari, Ini Sederet Manfaat Menonton dan Membaca Kisah Horor

Ilustrasi baca horor (Bookstr)

Trubus.id -- Petualangan penuh misteri 6 orang mahasiswa yang sedang menjalani KKN di sebuah di desa terpencil dan memakan korban dalam sebuah kisah horor KKN di Desa Penari masih trending hingga kini. Apa Trubus Mania sudah membaca kisahnya? Nah, ternyata gemar membaca atau menonton cerita horor punya dampak baik bagi kesehatan, loh. 

Jadi, ketika seseorang membaca atau menonton sesuatu yang menyeramkan, secara tak sadar akan membangkitkan respon fight-or-flight alias lawan atau lari, terutama di lingkungan tempat tinggal.

Teori ini dikaitkan dengan terapi yang digunakan untuk mengobati fobia. Melansir catatan penelitian dari Davis DiSalvo yang pernah ditulisnya di Forbes, mencari, menonton atau membaca sesuatu yang menakutkan dapat memberi penyeimbang pada tekanan hidup.

Baca Lainnya : Banyak Manfaatnya, Nonton Film Horor Juga Bisa Bakar Kalori Loh

Ini berarti, hal tersebut bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengurangi kecemasan dan membantu meningkatkan ketahanan pada diri seseorang. Jadi, semakin banyak seseorang mengalami atau menonton sesuatu yang memicu kecemasan secara terkontrol, maka hal tersebut mampu membuat seseorang untuk bisa menghadapi kecemasan di dunia nyata.

Tidak cuma itu, hal-hal berbau horor juga mampu menumbuhkan stres yang baik, di antaranya mampu memperkuat sistem kekebalan terhadap ancaman yang lebih besar.

Intinya, menonton atau membaca kisah horor seperti memberi diri sendiri sebuah suntikan stres kecil yang mampu meningkatkan ketahanan diri.

Baca Lainnya : 7 Film Horor Ini Bisa Bikin Kamu Kurus Loh

Lebih lanjut, DiSalvo juga mencatat, menonton atau membaca cerita misteri juga dapat meningkatkan suasana hati. Dalam sebuah buku yang berjudul Scream: Chilling Adventures in the Science of Fear yang pernah ditulis oleh Margee Kerr, teori tersebut ditemukan. 

Melalui teori tersebut dapat disimpulkan bahwa ketika seseorang menonton film seram, dia akan membanjiri sistem saraf dengan neurotransmiter dan hormon dopamine hingga adrenalin yang mampu melahirkan euforia ringan dan mampu meningkatkan mood.

Sayangnya, semua manfaat di atas belum tentu dirasakan oleh semua orang karena beberapa orang justru tidak merasakan sensasi apapun setelah membaca atau menonton cerita horor. 

Bagaimana dengan Trubus Mania? [Ayu/NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Begini Cara Memanfaatkan Kopi untuk Kecantikan Wajah

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: